Sehat

10 Alasan Pentingnya Kamu Tersenyum Setiap Hari

Ternyata tersenyum punya efek positif dan menyehatkan tubuh.

Warnahidup, Jakarta – Banyak yang mengatakan bila kamu tertawa itu merupakan hal spontan.  Namun, sebenarnya tersenyum itu merupakan pilihan disengaja atau tidak.

Ternyata senyum bisa mempengaruhi tubuh dan kamu secara positif. Di antaranya membuat kamu lebih sehat, mengubah suasana hati kamu bahkan orang-orang sekitar kamu juga.

Berikut ini 10 manfaat tersenyum bagi kesehatan dari verywellmind.com.

1.Tersenyum memperpanjang usia

Mungkin alasan paling kuat untuk tersenyum adalah karena hal itu dapat memperpanjang umur kamu secara keseluruhan. Satu studi tahun 2010 menemukan bahwa senyum yang tulus dan intens dikaitkan dengan umur yang lebih panjang

Secara keseluruhan, orang yang bahagia tampaknya menikmati kesehatan dan umur panjang yang lebih baik, meskipun diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami mengapa demikian. Penelitian menunjukkan bahwa kebahagiaan dapat meningkatkan umur hidup selama bertahun-tahun — menyarankan mempertahankan suasana hati yang bahagia dan positif mungkin merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat.

2.Senyum meredakan stres

Stres dapat meresap ke seluruh diri kita  dan itu benar-benar dapat muncul di wajah kita. Tersenyum tidak hanya membantu mencegah kita terlihat lelah, lelah, dan kewalahan, tetapi sebenarnya juga dapat membantu mengurangi stres.

Percaya atau tidak, tersenyum dapat mengurangi stres meskipun sedang tidak ingin tersenyum atau bahkan jika kamu  berpura-pura dengan senyuman yang tidak tulus. Saat stres, luangkan waktu untuk tersenyum. Kamu dan orang-orang di sekitar kamu juga akan merasakan manfaatnya.

manfaat teresnyum

3.Senyum meningkatkan mood

Lain kali bila kamu merasa sedih, cobalah tersenyum. Ada kemungkinan besar suasana hati kamu akan berubah menjadi lebih baik. Tindakan fisik tersenyum sebenarnya mengaktifkan jalur di otak kamu  yang memengaruhi keadaan emosional — artinya dengan mengadopsi ekspresi wajah bahagia. Kamu seakan dapat “mengelabui” pikiran kamu  untuk memasuki keadaan bahagia.

Senyuman sederhana dapat memicu pelepasan neuropeptida yang meningkatkan komunikasi saraf. Selain itu neurotransmiter seperti dopamin dan serotonin, yang dapat meningkatkan suasana hati. Pikirkan tersenyum seperti antidepresan alami.

4.Tersenyum itu menular

Berapa kali kamu mendengar bahwa senyuman memiliki kekuatan untuk ‘menerangi’ ruangan? Meskipun ini jelas merupakan sentimen yang indah, ini membawa sedikit kebenaran. Tersenyum tidak hanya dapat meningkatkan suasana hati kamu, tetapi juga dapat mengubah suasana hati orang lain menjadi lebih baik.

Otak secara otomatis memperhatikan dan menafsirkan ekspresi wajah orang lain — dan terkadang, kamu bahkan dapat menirunya. Itu berarti kamu mungkin melihat senyum orang lain dan tanpa sadar ikut tersenyum. Ya, secara ilmiah terbukti bahwa senyuman itu menular.

5.Senyum tingkatkan sistem kekebalan tubuh

Tersenyum juga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dengan membantu sistem kekebalan seseorang  berfungsi lebih efektif. Saat kamu tersenyum, fungsi kekebalan tubuh meningkat karena tubuh lebih rileks (berkat pelepasan neurotransmiter tertentu). Kalau kamu sedang berusaha  menjaga kesehatan secara keseluruhan atau memperkuat sistem kekebalan saat pandemi ini atau mencegah flu,  tersenyum mungkin membantu.

6.Menurunkan tekanan darah

Tersenyum bisa berdampak menguntungkan pada tekanan darah. Tertawa secara khusus tampaknya menurunkan tekanan darah, setelah menyebabkan peningkatan awal pada detak jantung dan pernapasan. Tersenyum telah terbukti menurunkan detak jantung saat menghadapi stres, lebih banyak penelitian diperlukan untuk menentukan dengan tepat bagaimana hal itu mengurangi tekanan darah.

manfaat tersenyun

7.Tersenyum mengurangi rasa sakit

Penelitian telah menunjukkan bahwa tersenyum melepaskan endorfin, penghilang rasa sakit alami lainnya, dan serotonin. Bersama-sama, bahan kimia otak ini membuat kita merasa nyaman mulai ujung kepala sampai ujung kaki. Tidak hanya meningkatkan suasana hati, tetapi juga membuat tubuh lebih rileks dan mengurangi rasa sakit fisik. Tersenyum adalah obat alami.

8.Senyum menjadikan seseorang lebih menarik

Faktanya, secara alami ornag-orang memang tertarik pada orang yang tersenyum (ramah). Ekspresi wajah negatif seperti cemberut, cemberut,   bekerja  berlawanan akn ecara efektif mendorong orang menjauh. Sebaliknya  tersenyum dipandang lebih menarik dan orang menganggap kamu memiliki sifat kepribadian lebih positif jika tersenyum.

Senyuman tidak hanya membuat kamu lebih menarik, tetapi juga membuat kamu terlihat lebih awet muda. Otot yang kita gunakan untuk tersenyum juga mengangkat wajah, membuat seseorang tampak lebih muda. Jadi, lupakan facelift, cobalah tersenyum sepanjang hari — seseorang akan terlihat lebih muda dan merasa lebih baik.

9.Tersenyum menunjukkan keberhasilan

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang tersenyum secara teratur tampak lebih percaya diri, lebih mungkin dipromosikan, dan lebih mungkin didekati.  Cobalah tersenyum saat rapat dan janji bisnis. Bisa jadi kamu mungkin menemukan bahwa orang bereaksi terhadap kamu secara berbeda.

  1. Tersenyum membantu tetap positif

Coba tes ini: Senyum. Sekarang coba pikirkan sesuatu yang negatif tanpa kehilangan senyuman. Sulit, bukan?

Tersenyum dapat memengaruhi perasaan positif, meskipun itu terasa tidak wajar atau dipaksakan. Terlepas dari apakah senyum kamu  asli atau tidak, itu tetap mengirimkan pesan bahwa ‘life is good’ ke otak dan pada akhirnya ke seluruh tubuh kamu.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button