Bisnis
Trending

10 Cara Terbaik untuk Hemat Listrik di Rumah

Apakah tagihan listrik meningkat sehingga pengeluaran bulanan membengkak?

Jika itu masalahnya, mulai sekarang Anda tidak perlu khawatir. Berikut 10 cara terbaik untuk menghemat dan mengurangi tagihan listrik Anda:

1. Optimalkan penggunaan AC

Anda hanya harus menggunakan AC ketika Anda merasa sangat panas. Anda juga dapat beralih menggunakan kipas karena mereka mengonsumsi listrik jauh lebih sedikit daripada AC.

Salah satu metode hemat energi adalah mengatur AC Anda pada suhu terendah di malam hari dan mengatur timer otomatis untuk mematikan ke 1 atau 2 jam setelah AC dinyalakan. Namun pastikan untuk menutup semua pintu dan jendela untuk menghindari kebocoran udara yang berlebihan.

Kamar juga akan cukup dingin selama 5-6 jam sampai Anda bangun dan Anda tidak akan membutuhkan AC, begitu Anda tertidur lelap.

2. Matikan lampu saat tidak digunakan

Sebelum meninggalkan rumah untuk bekerja, pastikan untuk mematikan semua lampu dan peralatan elektronik.

Bahkan ketika Anda keluar dari kamar Anda, matikan lampu, AC atau kipas. Ini akan mengkonsumsi energi dan tidak perlu menaikkan tagihan listrik Anda.

3. Gunakan lampu neon

Menggunakan CFL atau lampu fluorescent ringkas akan mengurangi konsumsi energi Anda hampir 75%. Ya, harga lampu neon mungkin lebih mahal tapi ini akan membantu Anda berhemat

Terlebih lagi, lampu neon juga bertahan lebih lama dari lampu biasa atau lampu tabung Anda.

4. Cabut barang-barang elektronik saat tidak digunakan

Ini berlaku untuk semua peralatan elektronik Anda seperti TV, komputer, AC, laptop dan sebagainya. Jangan biarkan laptop atau PC Anda dalam mode siaga atau tidur ketika Anda tidak menggunakannya bahkan selama 1 jam.

Ini menghabiskan banyak energi. Matikan dan cabut semua perangkat ini saat Anda tidak menggunakannya untuk menghemat listrik.

5. Minimalkan penggunaan peralatan elektronik

Beberapa peralatan dapur seperti microwave, oven, juicer, dan mixer dapat digunakan secara optimal. Jika Anda bisa, meminimalkan penggunaan peralatan tersebut.

6. Cuci dan setrika dalam jumlah besar

Alih-alih menggunakan mesin cuci setiap hari untuk mencuci sedikit pakaian, Anda dapat mencuci pakaian secara massal setiap hari atau tiga kali seminggu.

Dengan cara ini, Anda akan menghemat listrik. Juga, mencuci pakaian dengan air dingin daripada air panas akan membantu Anda menghemat listrik.

Lakukan hal yang sama untuk menyetrika semua pakaian. Setrika pakaian setiap orang selama seminggu di hari Minggu, alih-alih membakar setrika dan listrik setiap hari.

Metode ini juga meningkatkan masa pakai peralatan elektronik Anda.

7. Jaga kulkas Anda bersih

Jika Anda membersihkan kulkas sekali sebulan, itu akan meningkatkan efisiensinya. Meskipun hal utama yang perlu Anda bersihkan adalah bagian belakang kulkas Anda karena di situlah semua kotoran dan debu dapat mengendap.

Jika efisiensi kulkas meningkat, Anda tidak perlu mengubahnya ke pengaturan paling dingin, yang sebenarnya menghabiskan lebih banyak energi.

8. Tukar peralatan listrik ke non-listrik

Peralatan seperti pisau cukur listrik dan sikat gigi listrik menghabiskan banyak listrik Anda.

Anda cukup beralih ke pisau cukur dan sikat gigi biasa yang akan memberi Anda hasil yang sama seperti rekan-rekan listrik mereka.

9. Gunakan penghisap debu beberapa kali

Cara lain untuk menghemat listrik adalah dengan mengurangi waktu Anda menggunakannya. Misalnya, jika Anda menggunakan penyedot debu seminggu sekali, Anda dapat memotongnya untuk menggunakannya 1-2 kali sebulan. Bersihkan semua kain pelapis, furnitur, lantai Anda selama periode ini.

10. Pasang sensor gerak

Sensor gerak sangat membantu jika digunakan untuk penerangan di luar ruangan. Yang dilakukan sensor gerak adalah ketika ada gerakan di dekat mereka, mereka menyalakan lampu dan mematikannya.

Namun, Anda bahkan dapat memasangnya di rumah karena akan sangat membantu jika Anda lupa mematikan lampu di rumah.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close