Sehat

10 Jurus Sederhana Tapi Jitu Sukseskan Diet

Banyak yang gagal diet, tapi cara ini ampuh tetap fokus dan berhasil.

Memiliki berat badan normal dapat menunjukkan kondisi Anda sehat.  Tak heran  banyak orang yang melakukan diet agar kembali ke berat badan ideal. Sayangnya, tidak sedikit orang yang sedang melakukan program diet kerap berhenti di tengah jalan. Akhirnya gagal.

Mumpung, tahun baru, bisa ikuti beberapa tips dari WebMd  agar diet Anda sukses. Yuk kita simak!

1.Minum banyak air atau minuman bebas kalori lainnya

Keinginan ngemil kadang tak terbendung. Anda tetap saja bisa menikmati camilan keripik, kerupuk atau yang lainnya. Hmm tapi sebelum Anda merobek kantong keripik kentang coba  minum  segelas air terlebih dahulu.

Orang terkadang mengacaukan rasa haus dengan rasa lapar, sehingga Anda akhirnya bisa makan kalori ekstra. Padahal solusinya segelas air akan hilangkan rasa lapar. Kalau tidak berhasil dengan air putih, bisa juga dicoba air soda beraroma atau menyeduh secangkir teh herbal yang mengandung buah.

2.Pilih camilan rendah kalori malam hari

Makan tanpa berpikir terjadi paling sering setelah makan malam, ketika Anda akhirnya duduk dan rileks. Ngemil di depan TV adalah salah satu cara termudah untuk mengubah pola makan Anda. Tutup dapur setelah satu jam tertentu.  Atau pilih camilan rendah kalori, seperti satu bungkus kue 100 kalori atau satu sendok es krim rendah lemak.

3.Masukkan protein setiap Anda makan

Protein merupakan makanan pengisi utama. Protein memegang peranan penting untuk menjaga rasa kenyang Anda  lebih panjang. Proten lebih memuaskan dibanding karbohidrat atau lemak.

Protein juga membantu menjaga massa otot dan mendorong pembakaran lemak. Jadi pastikan untuk memasukkan protein sehat seperti makanan laut, daging tanpa lemak, putih telur, yogurt, keju, kedelai, kacang-kacangan, atau kacang-kacangan ke dalam makanan. dan camilan Anda.

4.Tambahkan rempah

Tambahkan bumbu atau cabai ke dalam makanan Anda untuk meningkatkan rasa yang dapat membantu Anda merasa kenyang. “Makanan yang sarat dengan rasa akan merangsang indera perasa Anda dan lebih memuaskan, jadi Anda tidak akan makan banyak,” ungkap American Dietetic Association Malena Perdomo, RD.

5.Jangan lupakan serat dalam makanan Anda

Serat membantu pencernaan, mencegah sembelit, menurunkan kolesterol  dan paling penting dapat membantu menurunkan berat badan. Kebanyakan orang Amerika hanya mendapatkan setengah dari serat yang mereka butuhkan.

Untuk mendapatkan manfaat serat, kebanyakan wanita membutuhkan sekitar 25 gram setiap hari, sedangkan pria membutuhkan sekitar 38 gram – atau 14 gram per 1.000 kalori. Sumber serat yang baik termasuk oatmeal, kacang-kacangan, makanan biji-bijian, kacang-kacangan, dan sebagian besar buah dan sayuran.

6.Pastikan turun berat badan secara perlahan

Jika Anda menurunkan berat badan tetapi tidak secepat yang Anda inginkan, jangan berkecil hati. Menurunkan berat badan membutuhkan waktu, seperti halnya menambah berat badan. Para ahli menyarankan untuk menetapkan tujuan penurunan berat badan yang realistis sekitar satu hingga dua  pond  (sekitar 2 kg) seminggu.

Jika Anda menetapkan ekspektasi terlalu tinggi, Anda mungkin menyerah saat berat badan Anda tidak turun cukup cepat. Ingat, Anda mulai melihat manfaat kesehatan ketika Anda hanya kehilangan 5% -10% dari berat badan Anda.

7.Timbang tubuh Anda seminggu sekali

Orang yang menimbang berat badan secara teratur cenderung lebih berhasil menurunkan berat badan. Tetapi kebanyakan ahli menyarankan untuk menimbang diri Anda hanya sekali seminggu.

Jadi kamu tidak tergelincir oleh fluktuasi harian. Saat Anda menimbang diri, ikuti tip berikut: Timbang diri Anda pada waktu yang sama, pada hari yang sama dalam seminggu, dengan skala yang sama, dan dengan pakaian yang sama.

8.Tidur yang cukup

Saat Anda kurang tidur, tubuh Anda memproduksi berlebihan hormon ghrelin yang merangsang nafsu makan. Namun saat bersamaan  juga mengurangi memproduksi hormon leptin, yang memberi tahu Anda saat Anda kenyang. Tidak heran orang yang suka bergadang kerap merasa lapar.

Tidur yang cukup dapat membuat Anda merasa cukup istirahat dan kenyang serta menghalangi Anda untuk ngemil yang tidak perlu.

9.Pahami ukuran porsi

Kami sangat terbiasa dengan ukuran super saat makan di luar sehingga mudah untuk membawa pulang pola pikir itu. Untuk mengukur diet Anda dengan tepat, gunakan timbangan dapur dan gelas takar untuk mengukur makanan Anda selama satu atau dua minggu.

Gunakan piring dan gelas yang lebih kecil untuk mengurangi porsi Anda. Ini akan membatasi diri Anda konsumsi makanan cukup sesuai diet Anda.

10.Makan lebih banyak buah dan sayuran

Diet terbaik sebetulnya adalah saat seharusnya di mana Anda makan lebih banyak, bukan lebih sedikit. Jika Anda makan lebih banyak buah dan sayuran, Anda tidak akan merasa lapar  karena makanan kaya nutrisi ini juga tinggi serat dan air, yang dapat membuat Anda merasa kenyang.

Ngemil bisa jadi hal yang baik asalkan Anda memilih jajanan yang cerdas.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button