Sehat

10 Makanan Ini Jadikan Anda Lebih Bahagia

Faktanya, makanan pedas bisa membuat Anda happy.

Mimpi menjadi kenyataan bila menemukan makanan yang membuat Anda lebih bahagia, tenang sekaligus sehat.

Dalam suatu penelitian menunjukkan beberapa makanan tidak hanya bekerja pada otak Anda – yang dapat membuat Anda lebih bahagia atau santai – tetapi ada makanan yang memiliki efek sebagai anti depresi, anti kecemasan, dan rileks.

Ada beberapa makanan yang mudah Anda dapatkan dan bisa dijadikan sebagai bagian konsumsi harian Anda. Ingin tahu? Yuk simak lebih jauh.

1.Makanan Pedas

Mungkin banyak yang ingat kalau sedang bete atau pusing inginnya makan yang serba pedas. Nah, ternyata makanan pedas dapat membantu meningkatkan mood. Sebab, cabai memiliki kandungan capsaicin. Ketika sedang menyantap makanan pedas, zat ini akan menempel  pada reseptor rasa sakit pada selaput lendir mulut dan hidung. Berikutnya otak akan memberi peringatan tentang rasa sakit tersebut sehingga otak melepaskan zat endorfin.

2. Alpukat

Alpukat mengandung tryptophan, asam amino esensial yang dipakai otak untuk memproduksi serotonin  — neurotransmitter sistem saraf pusat yang baik dan berlimpah dalam buah ini. Alpukat juga bermanfaat untuk kulit, rambut, dan kuku.

3. Berry

Blueberry, raspberry dan stroberi memiliki nutrisi antosianidin dan antosianin yang membantu mengurangi depresi dan stres.

makanan bikin happy

4. Cokelat Hitam

Pilihan cokelat untuk mengubah mood sudah lama dikenal. Cokelat hitam  mengandung magnesium tinggi yang membantu mengurangi kecemasan dan menenangkan otot.

Cokelat hitam juga mengandung phenylethylamine (PEA), zat kimia yang diciptakan oleh otak ketika Anda mengalami jatuh cinta. PEA mempromosikan pelepasan endorfin otak. Inilah yang menyulap hati yang muram atau sedih menjadi lebih bahagia!

5. Yogurt Yunani

Yogurt Yunani merupakan salah satu makanan sehat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Paling menonjol  karena yogurt mempunyai  probiotik yang dapat membantu untuk meningkatkan suasana hati dan sistem kekebalan tubuh.

 6. Berry

Blueberry, raspberry dan stroberi memiliki nutrisi antosianidin dan antosianin yang membantu mengurangi depresi dan stres.

teh hijau dapat membuat bahagia

7.Teh Hijau

Teh hijau telah lama dikenal sebagai minuman menenangkan. Teh hijau mengandung theanine, yang dikenal untuk menurunkan stres dan kecemasan sekaligus meningkatkan suasana hati. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, gunakan teh hijau Jepang berkualitas tinggi.

8. Bayam

Mengandung asam folat dalam jumlah tinggi, bayam dikenal karena manfaatnya yang meningkatkan suasana hati.

9. Tomat

Lycopene antioksidan yang ditemukan dalam tomat, berperan untuk melawan peradangan di otak. Karena likopen larut dalam lemak, makan tomat dengan minyak zaitun yang membantu tubuh menyerap likopen.

10. Kenari

Dianggap sebagai makanan ideal yang dapat meningkatkan mood, kacang kenari mengandung vitamin B. Ini membantu menjaga keseimbangan suasana hati, melawan kelelahan, kecemasan, stres, ketegangan dan lekas marah. Selain itu, kenari kaya akan Omega 3 yang membantu otak berfungsi dengan baik dan menangkal depresi.

Saat Anda membutuhkan makanan yang membuat Anda happy, coba saja masukan makanan ini dalam asupan Anda.

 

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close