Sehat

10 Manfaat Air Kunyit bagi Kesehatan

Mulai dari anti kanker, atasi depresi hingga memperlambat penuaan

Kunyit sejak dahulu merupakan salah satu rempah yang banyak digunakan di Indonesia. Baik sebagai bumbu masakan, ramuan kesehatan dan kecantikan.

Tak heran kunyit menjadi primadona karena mengandung segudang manfaat bagi tubuh. Mulai dari anti peradangan, anti kanker, hingga anti penuaan. Jadi sebaiknya Anda buat minuman kunyit untuk kesehatan.

manfaat kunyit.

Berikut ini manfaat kunyit:

1.Anti penuaan

Curcumin dapat membantu menunda penuaan dan memerangi penyakit kronis terkait usia. Karena alasan ini, curcumin telah menjadi sangat populer sebagai suplemen anti-penuaan.

Kunyit banyak mengandung antioksidan yang menjadikan kulit terbebas dari beragam radikal bebas yang ada pada tubuh dan selanjutnya dapat memperlambat penuaan kulit.

2.Anti peradangan

Kunyit dapat mengurangi rasa nyeri dan juga sebagai anti peradangan. Kunyit dapat mengatasi masalah pencernaan. Bila setiap pagi Anda minum air kunyit, dapat mengobati radang usus dan menjaga kesehatan pencernaan.

3.Meningkatkan kesehatan jantung

Khasiat rutin meminum air kunyit adalah dapat membuat jantung sehat. Kandungan curcumin yang ada pada kunyit dipercaya ampuh membantu menghilangkan plak dari pembuluh darah. Hal ini selanjutnya dapat mencegah penggumpalan darah di jantung.

4.Meredakan diare

Kunyit ternyata dapat mengurangi diare. Ini disebabkan kunyit memiliki kandungan curcumin yang dapat menghalau virus penyebab diare. Tidak hanya itu, kunyit juga mempunyai kandungan magnesium dan kalium yang dapat membantu tubuh saat dehidrasi akibat diare.

5.Menetralkan radikal bebas

Kerusakan oksidatif dipercaya sebagai salah satu mekanisme di balik penuaan dan munculnya beragam penyakit.  Ternyata hal ini melibatkan radikal bebas, molekul yang sangat reaktif dengan elektron yang tidak berpasangan. Radikal bebas cenderung bereaksi dengan zat organik penting, seperti asam lemak, protein atau DNA.

Alasan utama antioksidan sangat bermanfaat adalah karena mereka melindungi tubuh Anda dari radikal bebas. Curcumin adalah antioksidan kuat yang dapat menetralkan radikal bebas karena struktur kimianya.Selain itu, curcumin meningkatkan aktivitas enzim antioksidan tubuh Anda sendiri.

Dengan cara itu, curcumin memberikan ‘serangan’ pada radikal bebas. Curcumin dapat memblokir radikal bebas dan merangsang pertahanan antioksidan tubuh Anda sendiri. Curcumin memiliki efek antioksidan yang kuat. Ini menetralkan radikal bebas sendiri tetapi juga merangsang enzim antioksidan tubuh Anda sendiri.

6.Kunyit membantu dan mencegah kanker

Kanker adalah penyakit yang mengerikan, ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Beberapa penelitian pertumbuhan sel tampaknya dipengaruhi oleh suplemen curcumin. Curcumin telah dipelajari sebagai ramuan bermanfaat dalam pengobatan kanker dan telah ditemukan mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan, dan penyebaran kanker pada molekul.

Studi telah menunjukkan bahwa curcumin dapat berkontribusi pada kematian sel kanker dan mengurangi angiogenesis (pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor) dan metastasis (penyebaran kanker).  Berbagai penelitian menunjukkan bahwa curcumin dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker di laboratorium dan menghambat pertumbuhan tumor pada hewan uji.

Curcumin menyebabkan beberapa perubahan pada tingkat molekuler yang dapat membantu mencegah dan bahkan mungkin mengobati kanker. Masih terlalu dini untuk mengatakan dengan pasti, tetapi itu terlihat menjanjikan dan sedang dipelajari secara intensif.

7.Mengendalikan gula darah

Buat kamu yang punya penyakit diabetes, kamu bisa menggunakan campuran air kunyit dengan asam jawa untuk menyembuhkannya. Sifat anti-inflamasi pada kunyit inilah yang diduga mampu menurunkan gula darah.

kunyit atasi depresi

 8.Mencegah depresi

Curcumin telah menunjukkan beberapa manfaat dalam mengobati depresi. Dalam uji coba terkontrol, 60 orang dengan depresi secara acak menjadi tiga kelompok. Satu kelompok mengambil Prozac, kelompok lain satu gram curcumin dan kelompok ketiga Prozac dan curcumin.

Setelah 6 minggu, curcumin menghasilkan perbaikan yang mirip dengan Prozac. Kelompok yang menggunakan Prozac dan curcumin memiliki nilai terbaik. Menurut penelitian kecil ini, curcumin sama efektifnya dengan antidepresan. Depresi juga terkait dengan penurunan tingkat faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF) dan hippocampus yang menyusut, area otak dengan peran dalam pembelajaran dan memori.Curcumin dapat meningkatkan level BDNF, berpotensi membalikkan beberapa perubahan ini. Ada juga beberapa bukti bahwa curcumin dapat meningkatkan neurotransmitter otak serotonin dan dopamin.

9.Menjaga kesehatan hati

Ramuan kunyit juga dapat melindungi hati dari berbagai racun dan bakteri.  Faktanya,  dengan vitamin dan zat yang ada pada kunyit  Zat dan vitamin yang terkandung dalam kunyit mampu mengendalikan, melindungi sekaligus memperbarui sel-sel yang telah rusak.

10. Mengendalikan gula darah

Bagi yang memiliki penyakit diabetes, bisa mencoba meminum air kunyit yang dicampur asam jawa. Adanya sifat anti-inflamasi dalam kunyit ternyata mampu menurunkan gula darah.

Mengingat betapa banyaknya manfaat kunyit bagi kesehatan, tampaknya sudah saatnya Anda mempertimbangkan untuk memulai minum air kunyit dalam keseharian Anda. Namun begitu, sebaiknya tetap konsultasi ke dokter bila Anda memiliki penyakit serius.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close