Gaya Hidup

20 Negara Paling Berbahagia di Dunia, Ada Indonesia?

Ternyata, saling percara dan solidaritas hadapi pandemi Covid-19 jadi salah satu indikator kebahagiaan negara ini

Warnahidup, Jakarta – Negara Skandinavia Finlandia kembali terpilih sebagai ‘negara paling bahagia di dunia’ untuk keempat kalinya.

Menurut   Report World Happiness,  Finlandia diikuti oleh Islandia, Denmark, Swiss, dan Belanda, dalam hal populasi nasional keseluruhan yang paling bahagia.

Kelima negara ini dengan cepat diikuti oleh Swedia, Jerman, Norwegia, Selandia Baru, dan Austria.

Terlepas dari dampak Covid terhadap tingkat kebahagiaan global, para peneliti yang bertanggung jawab atas laporan tersebut mengklaim bahwa temuan mereka adil.

Berbagi hasil, juru bicara tim World Happiness Report,  menyatakan: “Seluruh laporan ini berfokus pada efek Covid-19 dan bagaimana keadaan orang di seluruh dunia. Tujuan kami ada dua, pertama untuk fokus pada efek Covid-19 pada struktur dan kualitas hidup masyarakat. Kedua untuk menggambarkan dan mengevaluasi bagaimana pemerintah di seluruh dunia menangani pandemi.”

Selain itu, secara khusus,  mereka juga  mencoba menjelaskan mengapa beberapa negara melakukannya jauh lebih baik daripada yang lain.

Sementara itu, John Helliwell, salah satu orang yang mengerjakan studi tersebut, menyatakan “Anehnya, secara rata-rata, tidak ada penurunan kesejahteraan jika diukur dengan evaluasi orang sendiri terhadap kehidupan mereka.”

John melanjutkan, mungkin ada satu penjelasan bahwa orang melihat Covid-19 sebagai ancaman umum dari luar yang mempengaruhi semua orang dan ini telah menghasilkan rasa solidaritas dan perasaan sesama yang lebih besar.

Tidak mengherankan, lanjut Jhon, Finlandia menjadi negara paling bahagia, sebab negara berpenduduk 5,5 juta jiwa itu selalu menempati peringkat teratas untuk indikator “saling percaya” di antara sesama masyarakatnya. Bahkan, indikator yang kuat itu mampu melindungi mata pencarian penduduknya.

Finlandia Negara Paling Bahagia

Sementara itu Heli Jimenez, direktur senior pemasaran internasional di Business Finland, menambahkan “Kebahagiaan Finlandia tidak sedalam kulit dan langsung terlihat. Ini tertanam dalam dalam diri kita. Kebahagiaan berkelanjutan adalah kekuatan super kami, dan itu berarti kami cenderung menjalani hidup apa adanya – sifat yang membantu kami melewati masa-masa sulit ini.”

“Kami menghargai hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari kami, seperti duduk dengan tenang di bangku dan menatap danau yang kosong setelah sesi sauna santai atau berenang di pagi hari di laut sebelum memulai hari kerja.”

Berikut adalah 20 negara paling bahagia teratas:

  1. Finlandia
  2. Islandia
  3. Denmark
  4. Swiss
  5. Belanda
  6. Swedia
  7. Jerman
  8. Norwegia
  9. Selandia Baru
  10. Austria
  11. Israel
  12. Australia
  13. Irlandia
  14. Amerika Serikat
  15. Kanada
  16. Republik Ceko
  17. Belgia
  18. Inggris Raya
  19. Cina
  20. Prancis
Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close