Bisnis

5 Cara Pintar Kelola Uang Selama Pandemi Covid-19

Di tengah pandemi Covid-19, kebiasaan belanja sedang berubah. Dengan tingkat pengangguran yang meningkat dan banyak orang yang bekerja dari rumah, anggaran belanja Anda bisa sangat berbeda dari biasanya. Anda mungkin kekurangan uang atau memiliki sedikit uang ekstra di saku Anda.

Apa pun itul, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memastikan keuangan Anda dalam keadaan sehat. Berikut adalah lima tips untuk menjaga agar uang Anda tetap sehat:

1. Catat pengeluaran harian 

Lacak setiap uang yang Anda belanjakan. Itu adalah dasar dari anggaran yang bagus. Bahkan jika Anda memiliki keuangan yang baik, penting untuk terus memeriksa ke mana perginya uang Anda.

Anda dapat mencatat pengeluran harian di aplikasi, seperti Mint, atau menyimpannya sebagai catatan di ponsel. Mencatat di buku secara manual juga bisa Anda lakukan.

2. Periksa keuangan Anda

Selanjutnya, tinjau keuangan Anda secara teratur. Langkah ini adalah kunci untuk memastikan semuanya berjalan lancar dan membuat Anda tidak melakukan pengeluaran berlebihan untuk hal-hal tidak penting.

Bahkan jika anggaran Anda berjalan sesuai rencana, penting untuk tetap memeriksanya setiap satu atau dua minggu.

3. Pikirkan skala prioritas saat belanja

Anda hanya dapat menghabiskan uang sekali saja. Ketika Anda melacak pengeluaran dan melihat gambaran besar secara teratur, Anda akan lebih sadar akan apa yang Anda lakukan dengan uang Anda dan dapat membuat keputusan yang lebih bermanfaat.

Saat berbelanja catat semua kebutuhan yang penting untuk dibeli. Jangan sampai mata tergoda dan membeli barang tak penting sehingga menyesal di kemudian hari.

4. Simpan, meskipun hanya sedikit

Seperti pepatah bilang sedikit demi sedikit, lama lama menjadi bukit. Sisihkan uang untuk ditabung meski sedikit.

Menabung dari hasil penghematan yang Anda lakukan. Hidup tidak selalu manis, ketika Anda sakit atau tertimpa musibah,  tabungan bisa membantu Anda melewatinya.

Bahkan jika Anda bukan tipe perencanaan, Anda dapat autodebet pemotongan rekening tabungan Anda untuk menabung setiap gajian.

Atau ketika ada rezeki lebih, cobalah untuk menyimpannya dibanding digunakan untuk foya-foya.

5. Tenangkan diri Anda

Uang adalah hal yang emosional – dan begitu pula hidup melalui pandemi. Berpikir tenang dan bijak saat menggunakan uang.

Gunakan tips ini untuk menjaga keuangan Anda tetap sehat. Langkah apa pun ke arah yang benar, sekecil apa pun, hasilnya akan sepadan.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close