Sehat

5 Efek Samping Terlalu Banyak Konsumsi Pepaya, Kamu Wajib Tahu Nih!

Pepaya adalah buah yang mengandung nutrisi, tapi ketika dikonsumsi berlebihan, kesehatan Anda terancam.

Pepaya berukuran sedang akan memberi Anda 300% dari nilai harian Vitamin C yang disarankan, yang menunjukkan betapa bergizinya buah ini.

Buah ini dikenal memiliki sifat antibakteri dan meningkatkan pencernaan yang baik, dan hampir setiap bagian tanaman dapat dikonsumsi. Namun, asupan pepaya yang berlebihan dapat menyebabkan komplikasi tertentu. Pepaya juga buah yang mungkin tidak cocok untuk semua orang.

Berikut adalah efek samping potensial dari mengonsumsi terlalu banyak pepaya dikutip dari Pulse, Jumat (7/2/2020):

1. Bahaya bagi Ibu Hamil

Menurut penelitian, pepaya tidak aman untuk dikonsumsi selama kehamilan. Pepaya mentah telah digunakan sebagai cara alami untuk mengakhiri kehamilan yang tidak diinginkan.

Meskipun pepaya matang dianggap pilihan yang lebih aman, ada kemungkinan pepaya mentah memicu kontraksi uterus karena adanya lateks. Ini, pada gilirannya, dapat menyebabkan aborsi, keguguran, persalinan prematur, kelainan pada bayi, dan kematian bayi.

2. Gangguan Pencernaan

Makan terlalu banyak pepaya dapat mengganggu sistem pencernaan Anda. Ini, pada gilirannya, akan menyebabkan perut buncit, ditandai oleh iritasi lambung. Kandungan serat pepaya yang tinggi dapat menyebabkan keresahan dalam sistem pencernaan.

Lateks buah juga bisa menjadi biang keladinya. Bukti anekdotal menunjukkan bahwa kelebihan asupan pepaya juga dapat menyebabkan kram perut, kembung, perut kembung, dan mual.

3. Dapat menyebabkan karotenemia

Jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi, beta-karoten dalam pepaya dapat menyebabkan perubahan warna kulit, yang secara medis dikenal sebagai karotenemia. Beberapa bukti anekdotal juga menyatakan gejala lain, seperti menguningnya mata putih, sol, dan telapak tangan, mirip dengan gejala penyakit kuning.

4. Memperburuk diare

Seperti semua buah berserat lainnya, pepaya juga dapat memperburuk diare jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Serat dapat mengikat feses dan memperburuk kondisinya, sehingga Anda berisiko mengalami dehidrasi.

5. Dapat menyebabkan ruam kulit

Kehadiran kaya enzim papain dan antioksidan membuat pepaya menjadi bahan yang dicari dalam krim anti-penuaan. Namun, tidak semua jenis kulit bereaksi terhadap aplikasi topikal secara positif.

Orang-orang tertentu mungkin mengalami alergi terhadap pepaya yang mungkin melibatkan ruam. Ruam tersebut dapat disebabkan oleh alergi lateks yang disebabkan oleh pepaya. Gejala lain yang dilaporkan termasuk kulit gatal dan kering.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close