Sehat

7 Manfaat Air Lemon Hangat Pagi Hari untuk Kesehatan

Mulai dari menjaga kesehatan kulit hingga membantu turunkan berat badan.

Ada banyak cara alami menjaga kesehatan. Tetapi, kamu sudah mencoba yang satu ini? Ya, air lemon hangat.

Ternyata dari segelas air hangat lemon ini memiliki banyak khasiat untuk menjaga kesehatan kamu. Seperti dilansir healthline.com berikut ini manfaatnya:

  1. Meningkatkan hidrasi

Menurut Food and Nutrition Board, tubuh kita membutuhkan sekitar 8-9 liter per hari. Air merupakan minuman terbaik untuk hidrasi. Tetapi beberapa orang tidak menyukai rasa dan membuatnya jarang minum. Untuk itu kamu bisa  menambahkan lemon agar air terasa lebih segar dan dapat membantu kamu minum lebih banyak. Hasilnya tubuh kamu akan cukup terhidrasi.

  1. Sumber vitamin C yang baik

Buah jeruk seperti lemon banyak mengandung vitamin C, antioksidan utama yang membantu melindungi sel dari radikal bebas yang merusak. Kamu mungkin pernah mendengar bahwa vitamin C dapat membantu mencegah atau membatasi durasi flu pada beberapa orang. Namun ada penelitian yang menemukan kalau Vitamin C dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke, serta menurunkan tekanan darah.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, jus satu lemon menyediakan sekitar 18,6 miligram vitamin C.

Manfaat air lemon

  1. Mendukung penurunan berat badan

Yang ini paling menggembirakan bagi kamu yang ingin turunkan berat badan. Satu penelitian menunjukkan bahwa antioksidan polifenol yang ditemukan dalam lemon, secara signifikan mengurangi penambahan berat badan pada tikus yang diberi makan berlebihan untuk memicu obesitas.

Dalam studi tikus ini, senyawa antioksidan juga mengimbangi efek negatif pada kadar glukosa darah dan meningkatkan resistensi insulin. Dua faktor utama dalam perkembangan diabetes tipe 2. Meski hasil yang sama perlu dibuktikan pada manusia.

  1. Meningkatkan kesehatan kulit

Vitamin C yang ditemukan dalam lemon dapat membantu mengurangi kerutan kulit, kulit kering akibat penuaan, dan kerusakan akibat sinar matahari. Bagaimana air memperbaiki kulit masih kontroversial, tetapi satu hal yang pasti. Jika kulit Anda kehilangan kelembapan, kulit menjadi kering dan rentan keriput. Sebuah studi laboratorium menunjukkan bahwa minuman berbahan dasar jeruk membantu mencegah perkembangan keriput pada tikus yang tidak berbulu.

  1. Membantu pencernaan

Beberapa orang minum air lemon sebagai pencahar pagi hari untuk membantu mencegah sembelit. Minum air lemon hangat atau panas saat bangun tidur dapat membantu sistem pencernaan kamu bergerak.

Pengobatan Ayurveda mengatakan rasa asam lemon membantu merangsang “agni” kamu. Dalam pengobatan ayurveda, agni yang kuat melejitkan sistem pencernaan, memungkinkan kamu mencerna makanan lebih mudah dan membantu mencegah penumpukan racun.

air lemon dapat segarkan napas

  1. Menyegarkan napas

Pernahkah Anda mengoleskan lemon pada tangan Anda untuk menghilangkan bau bawang putih atau bau menyengat lainnya? Obat tradisional yang sama mungkin berlaku untuk bau mulut yang disebabkan oleh makan makanan dengan bau yang kuat seperti bawang putih, bawang merah, atau ikan.

Anda dapat menghindari bau mulut dengan meminum segelas air lemon setelah makan dan di pagi hari. Lemon dianggap merangsang air liur dan air juga membantu mencegah mulut kering, yang bisa memicu bau mulut akibat bakteri.

  1. Membantu mencegah batu ginjal

Asam sitrat dalam lemon dapat membantu mencegah batu ginjal. Sitrat, salah satu komponen asam sitrat, secara paradoks membuat urin menjadi kurang asam dan bahkan dapat memecah batu-batu kecil. Minum air lemon tidak hanya membuat kamu mendapatkan sitrat, tetapi juga air yang kamu butuhkan untuk membantu mencegah atau membuang batu.

Cara membuat air lemon

Cara membuat air lemon cukup mudah. Kamu hanya perlu mengiris beberapa irisan lemon dan masukkan ke cangkir dan berikan air hangat. Kamu bisa menambahkan sedikit madu, irisan jahe atua kunyit, daun mint, atau bubuk kayu manis.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari air lemon,  kamu perlu meminumnya secara konsisten. Tunggu apa lagi, selamat mencoba!

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button