Sehat

5 Tips Mudah Menjaga Kulit Sehat dan Kenyal Sehari-hari

Saat kamu kekurangan air, tubuh kamu akan  menjadi lesu dan mudah lelah.

Warnahidup, Jakarta – Kebutuhan tubuh kita pada cairan sebetulnya sangat sederhana. Saat tubuh kita  mengalami dehidrasi, maka tubuh kamu  tidak memiliki cukup cairan dan elektrolit, mineral seperti natrium, kalsium, dan kalium untuk berfungsi dengan baik.Mungkin kamu sudah mengetahui kalau tubuh kita sebagian besar terbuat dari air, bahkan 60% darinya. Air bertindak sebagai katalisator untuk setiap fungsi yang terjadi di dalam tubuh kita, seperti membuang limbah, menjaga suhu tubuh tetap turun (normal),  termasuk saat kamu menangis.

Saat kamu kekurangan air, tubuh kamu akan  menjadi lesu dan mudah lelah, seperti dikutip dari pink villa.com. Tak hanya itu, kekebalan tubuh kita juga akan terdampak.

Tanda-tanda kalau kamu mengalami dehidrasi :

  • Urine berwarna kuning tua
  • Tidak berkeringat
  • Kulit pucat dan kering
  • Denyut jantung cepat
  • Tingkat paling parah kekurangan air kamu bisa mengalami pingsan

Bagaimana menjaga agar tubuh kita tetap hidrasi dan kulit tetap lembab? Untuk itu ada beberapa hal yang harus kamu lakukan:

Menjaga kulit tetap lembab

1.Siapkan Botol Air Besar Setiap Saat

Ada baiknya setiap saat kamu sediakan botol besar dan ketika kosong kamu segera mengisinya ni akan membantu kamu untuk tetap minum tanpa menunggu kamu merasa haus sekali. Apalagi bisa kita banyak melakukan aktivitas di luar, cairan tubuh akan banyak keluarg melalui keringat. Kamu dapat mengukur air minum yang sudah kamu minum apakah kurang dari sekitar 2.000 ml per hari.

2. Siapa Bilang, Air Harus Membosankan?

Masukkan beberapa lemon, stroberi, daun mint, irisan mentimun  apa pun yang terlihat menarik unutk kamu dan nikmati kesegaran ragam buah-buahan ini.

Cobalah es teh dan es kopi (tentu saja versi bebas kafein adalah yang terbaik).

Dalam teh, kamu bisa mencoba hitam, hijau, dan oolong. Lalu ada juga rasa eksotis untuk dipilih. Pilih air kelapa di atas jus buah berkalori tinggi. Yang pertama memiliki kalori yang jauh lebih sedikit dan tumpukan nutrisi dan kalium, elektrolit utama yang dibutuhkan tubuh kita.

Bekukan air kelapa atau jus jeruk segar di tempat pencetak es dan dapat kamu minum saat haus dan butuh kesegaran.

3.Makan Makanan ‘Mengandung Banyak Air’

Ada banyak sayuran dan buah-buahan yang kaya akan sumber air, nutrisi, dan vitamin esensial. Tambahkan semangka, stroberi, jeruk bali, dan persik ke dalam menu makanan kamu untuk mendapatkan air minum dengan dosis yang baik setiap hari.

Selain itu, mentimun, selada, zucchini, seledri, dan tomat juga merupakan makanan pokok saat makan siang bukan? Para ahli mengatakan, sekitar 20% dari asupan cairan harian kamu harus berasal dari makanan.

4. Tetap Hidrasi saat Tidur

Mempersiapkan diri dengan baik sebelumnya adalah bonus yang sangat besar, tidak hanya dalam skenario ini, tetapi secara umum. Saat tidur, tubuh kita menggunakan air yang kita miliki sepanjang hari, alasan yang tepat mengapa sebagian dari kita bangun dengan dehidrasi dan merasa kering.

Hal pertama yang harus kamu lakukan setelah bangun adalah menuangkan segelas air tawar ke dalam tubuh kamu.

Ini hanyalah cara terbaik kamu memulai hari.  Jika kamu melakukan sesi olahraga di pagi hari, minum cukup air sebelum berolahraga akan menutupi keringat yang hilang selama sesi latihan. Padahal, elektrolit di dalam air akan memudahkan kamu  untuk tampil lebih bugar.

Menjga kulit tetap lembab

5.Gunakan Produk Perawatan Kulit Yang Tepat

-Rawat dan singkirkan minyak berlebih dengan pembersih wajah yang benar

-Gunakan masker wajah yang menghidrasi untuk melembabkan ekstra

-Pakai tabir surya dengan minimal SPF 30 untuk mencegah penuaan dini, garis halus  dan bercak penuaan

-Hati-hati dengan mata, bibir, dan kaki. Bagian inilah mengering lebih cepat dari bagian tubuh kamu yang lain.

-Kenakan pakaian yang sejuk

Nah, menjaga kulit lembab itu ternyata mudah bukan?

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button