Gaya Hidup

5 Tips Terbaik Tidur Nyenyak Saat Pandemi Corona

Beragam berita seputar corona yang terus-menerus bisa jadi membuat Anda kesulitan tidur. Tak  jarang berita-berita tersebut tidak sekadar memberi informasi namun justru membuat banyak orang stres dan dilanda kecemasan.

Padahal kondisi kurang tidur dapat mengurangi sistem kekebalan tubuh seseorang yang meningkatkan peradangan dalam tubuh. Hal ini menjadikan Anda lebih rentan terhadap serangan penyakit.

Tidur nyenyak sangat penting untuk kesehatan otak dan tubuh Anda. Saat pandemik ini justru tidur nyenyak menjadi jauh lebih penting untuk menjaga kesehatan dibanding waktu sebelumnya.

“Tidur berhubungan langsung dengan kekebalan dalam hal respons fisiologis dalam tubuh kita: Jika kita tidak tidur, dapat mengurangi sistem kekebalan tubuh,  meningkatkan peradangan di dalam tubuh, lalu  menyebabkan lebih banyak rentan terhadap berbagai virus atau apa pun yang ada di lingkungan kita,” ungkap  Brittany LeMonda, PhD, senior neuropsychologist di Lenox Hill Hospital.

Berikut beberapa hal agar membuat Anda tidur nyenyak :

  1. Pertahankan rutinitas teratur

Banyak orang mengalami kehidupan sehari-hari yang sama sekali  berbeda akibat adanya pandemik ini. Beberapa karyawan malah telah di-PHK., banyak orang menyesuaikan untuk bekerja dari rumah. Sementara tidak sedikit orang yang bekerja dan menjaga anak-anaknya di rumah akibat aktivitas belajar juga dilakukan di rumah.

Tidak peduli bagaimana hidup Anda telah terpengaruh,  yang paling penting dilakukan adalah untuk tetap menjaga rutinitas agar tidur nyenyak.

“Ini sebenarnya adalah saat ketika kita perlu mengingat dan memperhatikan bagaimana kita menjalani hidup dengan cara yang sangat berbeda ini. Penting dilakukan untuk menjaga rutinitas, ” ungkap Navya Singh, PysD, psikolog dan ilmuwan penelitian di departemen psikiatri Universitas Columbia

Kalau Anda bekerja di rumah, upayakan bangun dan berpakaian layaknya Anda ke kantor. Mungkin Anda hanya berpindah ke ruang kerja, namun semangat Anda akan tersulut untuk tetap kerja seperti normalnya di kantor. Ini mengurangi sisi rasa malas-malasan atau ingin santai karena bekerja di rumah.

2. Jangan tidur siang berlebihan

Kalau Anda memang masih harus tinggal di rumah karena pandemik, jangan terlalu sering berada di kamar tidur atau sofa. Anda sebaiknya tetap menjaga rutinitas dengan beragam aktivitas produktif. Salah satunya tidak tidur siang berlebihan. Hal ini akan mengubah rutinitas Anda dan menganggu siklus tubuh Anda

3. Lakukan olahraga

Membuat tubuh Anda lelah menjadi salah satu kunci sukses tidur lelap. Lakukan olahraga ringan di rumah. “Berolah raga rutin  benar-benar penting. Ini menjadikan tubuh lelah dan membawa tidur Anda lebih dalam. Namun jangan berolahraga sebelum tidur, karena dapat meningkatkan stimulasi fisik yang membuat Anda sulit tidur,” jelas LeMonda.

4. Pilih berita seputar corona yang tepat dan benar

Hampir tidak mungkin untuk menghindari arus berita dan informasi COVID-19 yang hadir terus-menerus. Kadang berita ini meresahkan, menjadi cemas dan sulit tidur.

Sebaiknya batasi diri Anda membaca berita per hari di internet. Jangan setiap saat memeriksa handphone Anda. Saat ingin tidur singkirkan handphone Anda di tempat agak jauh dari tempat tidur.

5. Batasi Internet

Saat pandemik Covid-19 ini,  internet menjadi begitu dekat dengan banyak orang baik sebagai sumber informasi maupun hiburan. Namun, menatap layar sepanjang hari tidak membantu ketika Anda mencoba tertidur.

“Kami merekomendasikan bahwa dalam satu jam sebelum tidur orang tersebut mencoba mencabut kabelnya dan tidak benar-benar menonton TV, tidak menggunakan telepon, dan tentu saja tidak menonton apa pun yang dapat memicu kecemasan,” tambah LeMonda.

Sebagai gantinya, ia merekomendasikan kegiatan seperti membaca buku atau mendengarkan musik sebagai sarana hiburan sebelum tidur.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button