Uncategorized

6 Biang Kerok yang Picu Stres di Tempat Kerja

Pekerjaan yang menumpuk dan bos menyebalkan itu seringkali mendatangkan stres dan kelelahan emosional.

Hati-hati jika dibiarkan stres bisa mempengaruhi kesehatanmu. Untuk melenyapkan stres, tentu Anda harus tahu dari mana akar stres itu berasal. Pikirkan penyebabnya, lalu putuskan apakah pekerjaan ini layak dilanjutkan atau tidak.

Berikut adalah 6 hal paling umum yang menyebabkan stres di tempat kerja:

1. Rekan kerja dan lingkungan yang tidak menginspirasi

Sepanjang hidup Anda, Anda mencoba belajar di sekolah dan perguruan tinggi yang baik, sehingga Anda dapat memiliki pendidikan berkualitas yang mempersiapkan Anda untuk menghadapi tantangan industri dan menjadi individu yang cerdas.

Namun, kecerdasan dan efisiensi berlaku jika akhirnya Anda mendapatkan pekerjaan di perusahaan di mana rekan kerja yang saling support dan tanpa drama.

Cara mereka bekerja mungkin konvensional dan ortodoks, dan sistem yang kaku tanpa ruang lingkup untuk inovasi dapat membuat Anda merasa seperti orang bodoh.

2. Tidak ada ruang untuk pertumbuhan

Pertumbuhan dalam pekerjaan apa pun sangat penting, secara intelektual maupun secara keuangan. Masih dapat diterima untuk bertahan dalam pekerjaan di mana Anda mungkin dibayar dengan gaji lebih kecil dari yang lain, tetapi Anda tahu bahwa Anda akan belajar banyak hal baru.

Namun,memilih pekerjaan bergaji tinggi tapi pekerjaan itu tidak menarik minat Anda, mungkin bisa menjadi kesalahan terbesar yang Anda buat. Anda tidak akan pernah membiarkan otak Anda berkarat di tempat kerja Anda.

Dalam berkarier harus selalu bertujuan untuk pertumbuhan dan promosi.

3. Tidak ada kehidupan pribadi

Faktor lain yang sangat umum yang menyebabkan banyak stres di tempat kerja adalah jumlah jam yang diharapkan bos Anda untuk bekerja. Ada beberapa perusahaan dan bos yang tidak memberikan pemberitahuan tentang berapa jam mereka ingin karyawan bekerja.

Dan pertemuan mendadak, panggilan konferensi, jam kerja ekstra dan lain lain. Dapat merusak rencana pribadi seseorang, yang membuat karyawan lebih membenci kantor dan bos, yang mengarah pada lebih banyak stres.

4. Masalah kesehatan

Ketika shift malam dan lembur menjadi rutinitas pekerjaan, maka kesehatan Anda yang akan kena imbasnya. Jika karyawan tidak mendapatkan cukup waktu untuk tidur dengan benar, dan harus makan sedikit dalam waktu istirahat makan siang yang singkat, maka mereka kelelahan secara fisik dan mental.

Pada akhirnya hal ini akan menyebabkan stres. Cepat atau lambat, itu mulai mempengaruhi kesehatan seseorang.

5. Infrastruktur yang buruk

Jika tempat kerja tidak memiliki peralatan yang berfungsi dengan baik, seperti kipas angin, AC, lampu, maka karyawan tidak merasa ingin bekerja di sana. Bos mungkin berpikir bahwa ini adalah masalah yang sangat mendasar, dan bahwa karyawan tidak akan terlalu terpengaruh oleh ini.

Tetapi setiap karyawan pastinya mengharapkan mendapatkan fasilitas yang layak di tempat kerja. Dan kecuali manajemen melihat masalah ini, karyawan mungkin akan segera menyerahkan pengunduran diri mereka.

6. Bukan Passion Anda

Banyak karyawan pemula mengambil pekerjaan asal-asalan dan tidak sesuai dengan passion-nya demi mendapat kerja. Bekerja tanpa passion akan membuat stres.

Anda hanya akan membuang waktu sia-sia karena tidak akan berkembang, kecuali Anda mau belajar mencintai pekerjaan baru Anda.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close