Sehat

6 Tanda Kamu Sedang Stres Berat

Ketahui apa saja tanda-tanda stres sebelum kian memburuk!

“Gue stres nih, kerjaan banyak.”
“Gila, macet banget bikin stres.”
“Bos gue galak, stres gue ketemu dia tiap hari.”

Stres, sepertinya sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Tapi apa sih artinya stres itu?

Stres adalah segala bentuk tekanan, desakan atau ketegangan dari fisik, psikis, emosi maupun mental.

Saat kamu terus merasa stres, kemungkinan besar kamu bisa bertahan melalui masa-masa sulit itu meski tak melakukan apapun untuk meringankan stres di dirimu.

Tapi hati-hati, hal itu bisa jadi hanya akan memperpanjang dan memperburuk masalah yang ujung-ujungnya bisa merusak tubuh, mental bahkan hidup kamu jika dibiarkan.

Ketahui apa saja tanda-tanda stres sebelum kian memburuk:

1. Kamu Selalu Lelah

Ilustrasi kelelahan (foto pixabay)

Jika kamu memiliki kesulitan untuk bangkit dari tempat tidur setiap hari, meskipun sudah istirahat semalaman, kamu mungkin kelelahan klinis.

Jane Pernotto Ehrman, M. Ed., Spesialis kesehatan perilaku di Cleveland Clinic Wellness Institute, menuturkan stres bisa melenyapkan energimu. Sebab stres yang kamu alami diam-diam mengirimkan sinyal ke semua sistem tubuh dan membuat tubuh kamu terasa seperti bekerja lembur.

Bahkan meski kamu sudah tidur pulas semalaman, tapi tidak cukup untuk mengisi ulang untuk hari berikutnya. Ambil tindakan untuk mengurangi stres dalam hidup kamu. Tubuhmu akan berterima kasih.

2. Kamu Tidak Bisa Tidur

Ironisnya, meskipun sangat lelah sepanjang waktu, ketika stres kamu jadi makin susah tidur.

Stres yang berhubungan dengan insomnia disebabkan karena kamu tidak mampu berhenti memikirkan semua kewajiban kamu dalam hidup, dikombinasikan dengan fakta bahwa tubuhmu sedang lelah.

Dan tentu saja karena kamu tidak bisa tidur, Anda bakal jadi lebih lelah di hari berikutnya. Hal ini justru hanya akan meningkatkan beban stres.

3. Kamu Sering Sakit

Ilustrasi sakit (foto: Pixabay)

Jelas, jika kamu mengalami kesulitan tidur, sakit akan mengikuti segera setelah susah tidur telah mengakar. Karena tubuh Anda terus bekerja lembur selama periode stres ini, sehingga belum punya waktu untuk benar-benar pulih dari penyakit ringan atau penyakit yang merayap di dalamnya.

Penelitian telah menunjukkan sistem kekebalan tubuh tertekan sekitar 30 persen ketika kamu stres. Mengambil izin kerja seharian untuk beristirahat secara mental kadang-kadang perlu dilakukan untuk menjaga pikiran dan tubuh yang sehat.

4. Kamu jadi Pelupa

Ketika stres, kemungkinan besar karena kamu memiliki terlalu banyak pikiran dan pekerjaan sekaligus. Dengan pekerjaan dan tanggung jawab yang besar menjulang di atas kepalamu, sulit untuk melacak semua hal-hal kecil.

Jika kamu menemukan dirimu pada titik di mana kamu tidak ingat lokasi meletakkan kunci atau kamu lupa janji dan pertemuan secara teratur, kamu kemungkinan besar stres berat.

5. Gairah Seks Menurun

Ketika kamu stres dan memiliki satu ton masalah di pikiranmu, gairah seks cenderung menurun. Cobalah untuk menghilangkan stres dengan sering berolahraga. Jangan sampai stres merusak keharmonisan hubungan.

6. Kamu Punya Masalah Pencernaan

Ilustrasi sakit pencernaan (Foto Pixabay)

Berada di bawah terlalu banyak tekanan dapat menyebabkan ketidaknyamanan fisik. Perasaan mual muncul ketika kamu menginjakkan kaki di kantor atau saat ingat menumpuknya pekerjaan adalah respons langsung yang menunjukkan kamu stres.

Hati-hati, jika berlanjut hal ini bisa menyebabkan masalah pada sistem pencernaan kamu.

Lalu apa yang harus Kamu lakukan?

Dekatkan diri kamu pada Tuhan, mohon ketenangan, kesabaran dan kebahagiaan. Lalu perbaiki pola hidupmu dengan mengatur waktu lebih baik, makan dan olahraga teratur.
Mulailah membagi tugas kantor dengan rekan kerja atau menolak pekerjaan jika kamu merasa tidak mampu menyelesaikannya.

Ambillah cuti panjang, pakai waktu libur untuk berkumpul dengan orang yang dicintai atau lakukan hobi yang sudah lama kamu lupakan. Menonton, baca buku, jalan-jalan, menulis, berkebun atau apa saja, alihkan fokus ke hal lain. Jangan lupa jalan-jalan untuk membunuh stres.

Jika hal ini tidak juga menghilangkan stres kamu, mungkin ada baiknya kamu mulai mencari pekerjaan lain. Hidup bukan hanya soal uang, masih ada banyak perusahaan lain yang bisa mempekerjakan kamu. Karena ingat, kesehatan dan kebahagiaan kamu lebih penting. Love your self! (*)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close