Gaya Hidup

6 Trik Jitu Bangun Mindset Positif untuk Jangka Panjang

Membangun pola pikir positif merupakan tantangan bagi setiap orang, tak terkecuali para pemimpin-pemimpin besar dunia. Seperti halnnya roller coaster, semangat Anda pun turun-naik saat dihadapkan pada beban-beban tertentu dalam hidup.

Tetapi tak usah khawatir, hal itu merupakan wajar dan manusiawi. Apalagi setiap orang berhak merasakan kesedihan yang sedang dialaminya. Hanya saja, semua perlu diatur agar pengalaman pahit tidak membuat teman-teman jatuh terlalu dalam.

Faktor internal hingga eksternal terbukti berperan penting dan berkontribusi bagaimana teman-teman memaknai hidup dalam pola pikir yang dibangun sehari-hari.

Untuk itu, berikut tips membangun pola pikir positif untuk jangka panjang:

1. Perhatikan Ucapan Anda

Disadari atau tidak, kita sering kali berkata hal-hal yang tidak membangun saat kita dihadapkan pada kesulitan atau tengah mengalami kegagalan. Padahal, tubuh Anda sangatlah menyerap energi dari bahasa yang Anda keluarkan sehari-hari. Sebab itu, perhatikanlah kata-kata yang keluar dari mulut teman-teman.

Baca juga: Terkuak, 7 Rahasia Sukses ala Miliarder Mark Zuckerberg

2. Membaca Buku

Selain menambah wawasan, buku juga bermanfaat pada kesehatan mental seseorang. Baikknya, membaca buku merupakan sarana untuk belajar pengalaman orang lain agar dapat ditiru. Dengan membaca buku, teman-teman juga mengalihkan kebiasaan negatif menjadi positif sehingga secara tidak langsung sudah melatih diri untuk membangun kebiasaan yang baik sehari-hari.

3. Selektif dalam Bergaul

Sangat jelas bahwa energi yang kita hasilkan sehari-hari juga berasal darimana kita memilih teman. Oleh karena itu, pilihlah secara benar ketika bergaul. Cari teman yang bisa membawa pengaruh baik pada hidup Anda.

4. Bijak Alokasikan Emosi

Mengalihkan emosi mungkin menjadi satu yang paling sulit untuk dikontrol saat berhadapan dengan masalah. Namun, jika Anda sudah berhasil melatihnya, maka kegagalan atau kesulitan akan menjadi teman terbaik Anda.

Saat tengah guram, kesal, dan gagal, carilah secara kreatif aktifitas yang dapat mengalokasikan emosi negatif yang ada. Itu seperti dengan menulis, berenang, jogging, olahraga, hingga hal-hal positif lainnya yang dapat mengurangi stres.

Baca juga: Hindari 5 Hal Ini agar Tak Menyesal Seumur Hidup

5. Nikmati Hidup Saat Ini

Frase “live in the moment” atau hargailah hidup yang tengah berlangsung merupakan bentuk syukur yang perlu dimaknai secara dalam. Anda harus belajar bahwa yang terpenting ialah menjalani hidup yang saat ini sedang berjalan, bukan ingin masa lalu terulang kembali atau malah membayangkan masa depan yang belum pasti adanya.

6. Rehat Sejenak

Tidak hanya bekerja saja yang perlu dijadwalkan, bersenang-senang juga perlu diatur jadwalnya. Jangan sampai lupa, teman-teman berhak untuk gagal dalam hidup.

Resapi dan pelajari momentum kegagalan tersebut, kemudian lakukan dengan cara yang lain.

Teman-teman bisa rehat sejenak jika dirasa perlu atau memang sedang bosan saja. Jangan sepelekan kenikmatan untuk sedikit bersenang-senang.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close