Terkini

7 Aturan Pasar dan Mal di Masa New Normal

Pasar dan mal akan segera dibuka, tetapi ada peraturan untuk cegah Covid-19

Pemerintah akan memberlakukan fase new normal atau kenormalan baru. Pemerintah ingin masyarakat Indonesia sudah melakukan hal produktif namun tetap memastikan diri aman dari penularan virus corona.

Fase kenormalan baru ini pemerintah juga akan mulai  mengaktifkan perdagangan, salah satunya sejumlah mal dan pasar. Hanya saja ada berbagai peraturan yang mesti dipatuhi. Ketentuan mal tertuang dari  Menteri Perdagangan melalui Surat Edaran (SE) Nomor 12 Tahun 2020 yang isinya mencakup Pemulihan Aktivitas Perdagangan saat Pandemi Covid-19 dan New Normal.

Adapun peraturannya sebagai berikut :

aturan pasar dan mal new normal

1.Pedagang pasar buka pukul 06.00 hingga 11 WIB

Untuk pasar hanya boleh buka sejak pukul 06.00 hingga 11.00 WIB.Pedagang di pasar hanya boleh berjualan jika tubuhnya di bawah 37.3 derajat celscius. Karena itu pemeriksaan suhu tubuh wajib dilakukan sebelum pasar dibuka.

Kalau terdapat orang yang memiliki gejala sakit pernapasan seperti batuk atau flu dilarang masuk area pasar. Pedagang pasar juga diminta untuk memperhatikan kebersihan lingkungan pasar seperti toilet, tempat pembuangan sampah, lahar parkir sebelum dan sesudah berdagang.

2.Pedagang boleh berjualan harus negatif Covid-19

Peraturan lainnya, para pedagang di pasar rakyat harus dinyatakan negatif Covid-19. Hal ini dapat dibuktikan dengan pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) atau rapid test. Pelaksanaan tes Covid-19 itu dilakukan oleh pemerintah daerah. Aturan sama juga berlaku untuk petugas dan pengelola toko swalayan.

3.Panjang antrean di toko swalayan dibatasi 10 orang dengan jarak 1,5 meter 

Edaran Mendag ini juga meminta pengelola toko swalayan, minimarket, supermarket, hypermarket dan department store, wajib membatasi antreas pembeli di kasir. Antrean hanya boleh sebanyak 10 pembeli dengan jarak antar pembeli 1,5 meter. Untuk pembayaran dihimbau memakai uang elektronik untuk mempersingkat proses pembaran di kasir sehingga tidak terjadi kerumunan pembeli.

4.Pengelola diminta melakukan disinfeksi 

Pihak swalayan diimbau menjaga kebersihan dengan disintifektan secara berkala setiap dua hari sekali. Di samping itu pengelola juga wajib menyediakan fasilitas tempat cuci tangan, sabun, dan hand sanitizer di area pasar dan toko swalayan.

5.Penjual di mal wajib pakai masker, face shield, dan sarung tangan 

Di samping pedagang di pasar rakyat, untuk pedagang di mal atau pusat perbelanjaan juga diwajibkan memakai alat pelindung diri (APD) saat berinteraksi dengan pembeli. APD yang dimaksud ini berupa masker, face shield, dan sarung tangan.

APD ini  bertujuan untuk mencegah terjadinya penularan di dalam mal. Selain itu, pengelola mal harus memastikan kesehatan penjual dan pembeli dengan mengecek suhu tubuh. Para penjual juga harus membatasi jarak dengan pembeli minimal 1,5 meter. Tiap toko paling banyak dikunjungi lima orang.

6.Pengunjung pasar, toko swalayan, dan mal dibatasi 

Edaran Mendag ini turut mengatur batasan jumlah pengunjung pasar, toko swalayan, dan mal pada satu waktu. Jumlah pengunjung pasar dibatasi maksimal 35 persen dibanding  jumlah pengunjung pada saat kondisi normal. Untuk toko swalayan pengunjung dibatasi maksimal 40 persen dari jumlah pengunjung saat normal

7.Pengunjung mal wajib cuci tangan di pintu masuk 

Pengunjung yang akan masuk mal diwajibkan mencuci tangan. Pengelola diminta untuk menyediakan area cuci tangan di mal.  Untuk pengunjung juga diwajibkan memakai masker dan juga memiliki suhu tubuh di bawah 37,3 derajat celcius. Pengelola mal akan mengecek suhu tubuh setiap pengunjung di pintu masuk mal.

Karena itu bila Anda perlu mengunjungi mal dalam minggu-minggu  mendatang, sebaiknya pahami aturannya untuk membuat Anda tetap terlindung dan aman dari risiko tertular Covid-19. Di masa new normal tetap menuntut setiap individu waspada dan melindungi dirinya agar tak tertular virus corona.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button