Gaya Hidup

7 Cara Paling Cepat dan Cerdas Menabung

Banyak yang lupa memberitahu cara menabung. Inilah cara termudah melakukannya.

WarnaHidup, Jakarta – Tidak sedikit orang yang mengingatkan kamu untuk mengurangi pengeluaran dan lebih banyak menabung. Sayangnya, mereka lupa tidak memberi tahu kamu bagaimana caranya.

Padahal yang paling penting adalah memberitahu kamu cara praktis yang dapat dilakukan untuk berhemat.

Berikut 10 cara terbaik dilansir dari lifehack untuk menghemat uang dengan lebih cepat dan cerdas.

1.Berhenti Semua Langganan Kamu

Batalkan semua langganan bulanan kamu selama satu bulan. Namun, untuk wi-fi boleh saja. Mungkin awalnya akan mengerikan, tetapi ini menjadi jalan terbaik.

Setelah melewati 30 hari, kamu dapat memeriksa dengan detail apa yang sebenarnya dapat kamu lewatkan. Mungkin hidup kamu akan baik-baik saja tanpa banyaknya subscribe layanan tertentu.

Ini pun memberi kamu kesempatan untuk mengevaluasi lagi apa yang paling dibutuhkan. Uang langganan yang tak perlu otomatis dapat kamu tabung.

  1. Tabungan Otomatis dari Gaji

Agar keuangan kamu aman, coba mendaftar layanan di bank  untuk memotong gaji otomatis untuk masuk ke rekening tabungan kamu. Atau bisa minta bagian keuangan perusahaan untuk langsung mentransfer sejumlah uang ke tabungan kedua kamu. Sejauh ini, hal ini merupakan cara paling efektif menghemat uang bulanan.

Kalau sebelumnya kamu menabung setelah pengeluaran beberapa pos kamu, kini sebaliknya. Jadi, kamu lakukan justru di depan sebelum menjadi ‘sisa’ pengeluargan kamu. Lazimnya banyak yang gagal menabung di akhir perjalanan pengeluaran.

3.Berhemat Membeli Minuman dan Fast Food

Memang saat ini masa pandemi, yang membuat kamu tidak lagi happy hours atau hangout dengan teman-teman. Namun ini juga bukan berarti kamu tidak membeli minuman melalui layanan delivery.

Saatnya kamu mengurangi membeli minuman dan beragam fast food. Mulai dari kopi, thai tea, dan sebagainya. Bila kamu menghemat Rp 30.000 saja per hari untuk minuman atau makanan, coba hitung kamu bisa menabung Rp 900 ribu per bulan. Wow keren!

  1. Belanja Bahan Makanan Online

Beberapa orang berpikir belanja online membuat mereka malah jadi kecanduan belanja. Sebetulnya, tidak terlalu tepat tentang hal ini.

Berbeda kalau kamu membeli bahan makanan di supermarket,  biasanya kita tergoda membeli makanan dari yang  dibutuhkan. Yang terjadi kita banyak membeli beragam  (impulsif). Begitu di kasir jumlahnya akan membengkak untuk membayar makanan-makanan yang sebetulnya tidak ingin kamu beli.

Nah, bila belanja online maka kamu hanya perlu memilih bahan makanan yang ingin dibeli. Saat belanja online, otomatis kamu dapat melihat jumlah total yang mesti dibayar. Di sinilah kamu akan jauh menghemat dibanding belanja ke supermarket.

menjual barng bekas

  1. Jual Barang Tak Terpakai

Seringnya tanpa disadari, sebagian dari kita kerap menimbun barang. Banyak barang yang tidak digunakan. Sepatu yang sudah 2 tahun tak dipakai, meja belajar yang berdebu di sudut  gudang dan sebagainya.

Sebaiknya secara rutin setiap 6 bulan lakukan bersih-bersih. Barang yang tidak dipakai bisa dijual online. Caranya mudah, daftar di aplikasi OXL, Bukalapak dan lainnya.

Barang yang tidak kamu  butuhkan bisa menjadi barang yang sedang dicari-cari orang di luar sana. Selain menambah isi dompet, rumah kamu jadi kinclong.

  1. Manfaatkan Reward Kartu Kredit

Mungkin banyak yang gagal memegang kartu kredit. Namun bagi yang cerdas memakainya, kartu kredit reward, maka akan  banyak hadiah yang bisa kamu pakai sebagai hadiah untuk diri sendiri.

Disiplin membayarnya setiap bulan agar keuangan kamu tetap stabil. Salah satunya dengan menukar poin transaksi kamu dengan miles. Kamu bisa memilih untuk menginap di hotel mewah, naik kelas untuk penerbangan kamu, makan mewah di restoran favorit, sewa mobil, dan lain-lainnya.

  1. Buat Anggaran

Membuat anggaran terdengar klise tapi masih mujarab hingga saat ini. Kapan terakhir kali kamu memperbarui anggaran atau membuat anggaran? Membuat anggaran seperti menuliskan tujuan hidup kamu. Jika kamu tidak membuat anggaran, maka kamu tetap akan kesulitan menabung.

So, mumpung tahun baru segera saja lakukan hal ini. Coba lihat akhir tahun nanti, tabungan kamu dijamin tambah banyak.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button