Bisnis

7 Kesalahan yang Bisa Merusak Karier Anda

Beberapa orang melakukan kesalahan bahkan sebelum mereka memulai karier. Sementara yang lain jatuh ke lubang setelah menetap di pekerjaan yang baik. Apa pun itu, orang-orang ini tidak menyadari bahwa kesalahan seperti itu dapat merusak karier mereka.

Untuk membantu Anda agar tidak membuat kesalahan seperti itu dalam kehidupan profesional Anda, berikut 7 kesalahan dapat merusak karier yang wajib Anda tahu:

1. Kesalahan dalam resume

Ini adalah salah satu kesalahan yang dapat menghambat peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang baik. Apa yang dilihat calon bos Anda adalah resume yang ditulis dengan baik, tanpa kesalahan.

Tetapi jika resume Anda memiliki kesalahan tata bahasa dan ejaan, jangan berharap resume Anda melewati seleksi pertama di perusahaan mana pun. Juga, jika Anda memasukkan harapan gaji Anda, menggunakan font yang kecil atau informasi kontak yang tidak profesional, semua ini akan mengurangi peluang Anda untuk dipekerjakan.

2. Gelar palsu

Tidak ada perusahaan yang mau mempekerjakan seseorang yang memiliki gelar palsu. Dalam keputusasaan Anda untuk mendapatkan pekerjaan tertentu, Anda dapat mengirimkan dokumen dan sertifikat palsu. Jika diketahui melalui proses penyaringan, Anda tidak akan pernah diberikan surat penawaran atau bahkan dipanggil untuk wawancara. Selain itu, itu juga akan merusak reputasi Anda.

3. Kesalahan jejaring sosial

Status dan foto Anda hanya untuk teman dan bukan untuk bos. Namun jika Anda menulis  status negatif tentang bos Anda saat ini, rekan kerja, apakah perusahaan lain ingin mempekerjakan Anda? Juga, jangan unggah foto tidak layak di media sosial Anda. Anda tidak ingin calon atasan Anda saat ini melihatnya, bukan?

4. Bergosip

Bergosip di kantor bakal merusak reputasi Anda. Misalkan jika Anda menceritakan kepada satu rekan kerja sesuatu yang menyakitkan tentang rekan kerja lain dan jika dia mengetahui apa yang Anda katakan, bayangkan konsekuensinya! Apa Anda tidak malu setelah bergosip tentang seseorang di kantor Anda?

5. Bolos kerja

Meninggalkan pekerjaan Anda bukanlah pendekatan yang benar dalam kehidupan profesional Anda. Jika Anda tidak masuk kerja selama beberapa hari, beri tahu atasan Anda tentang hal itu dan ambillah cuti.

6. Menyalahgunakan fasilitas kantor

Beberapa perusahaan memberi karyawan mereka laptop, telepon, dan kartu kredit untuk keperluan bekerja. Anda tidak boleh salah menggunakannya untuk kepentingan pribadi Anda.

7. Melanggar aturan kantor

Setiap kantor memiliki seperangkat aturan yang harus diikuti oleh setiap karyawan. Tetapi jika Anda tidak mengikuti aturan itu, Anda tidak akan disebut karyawan yang sangat baik, bukan? Tindakan tegas dapat diambil terhadap Anda dan Anda bahkan dapat dipecat dari pekerjaan Anda.

Ini adalah kesalahan yang dapat merusak karier Anda. Jadi berhati-hatilah dan berhati-hatilah untuk tidak melakukan kesalahan ini.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button