Olahraga

7 Manfaat Olahraga Mulai dari Tidur Nyenyak Hingga Bikin Pede

Saat kamu merasa bosan dan dilanda stres, olahraga bisa jadi solusi tepat.

WarnaHidup, Jakarta – Berolahraga dapat membantu kita merasa lebih bugar, lebih sehat, dan kuat secara mental. Itu baru awalnya. Selain itu dan itu olahraga juga bisa menyenangkan, terutama jika dimainkan sebagai bagian dari tim atau teman atau keluarga.

Saat pandemi Covid-19 ini, banyak orang beraktivitas di rumah, yang sering membuat mereka bosan. Salah satu mengatasi rasa bosan, stres, dan lainnya, coba kamu lakukan saja satu atau dua aktivitas olahraga.

Dikutip dari electricireland.com, berikut ini manfaat olahraga:

  1. Tidur lebih baik

Melakukan olahraga dapat memicu zat kimia di otak yang membuat kamu lebih bahagia dan rileks. Olahraga dapat menjadi kesempatan agar kamu bebas dari rasa penat atau kaku. Tubuh akan menjadi bugar dan membantu Anda tidur nyenyak.

2.Membantu jantung lebih kuat

Jantung kita merupakan  otot yang sering berolahraga untuk membantunya tetap bugar dan sehat. Jantung yang sehat dapat memompa darah secara efisien ke seluruh tubuh. Jantung akan meningkat kinerjanya bila ditantang secara teratur dengan olahraga. Jantung yang lebih kuat dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

  1. Menciptakan relasi baru

Olahraga dapat menjadikan kamu berbaur dengan berbagai kalangan, baik suku, latar belakang, dan  agama. Olahraga dapat menawarkan cara baru untuk bertemu orang lain yang mungkin tidak berinteraksi dengan kamu sehari-hari. Hasilnya, kamu bisa mendapatkan teman baru. Dan bukan tidak mungkin, berolahraga bahkan bisa membuka peluang karir dan bisnis baru untuk kamu.

  1. Meningkatkan fungsi paru-paru

Olahraga teratur menyebabkan lebih banyak oksigen ditarik ke dalam tubuh dengan karbon monoksida dan gas kotor yang dikeluarkan. Selama olahraga dapat meningkatkan kapasitas paru-paru.

5.Menambah kepercayaan diri

Dengan sering berlatih tekun untuk mencapai target tertentu, kamu dapat membangun kepercayaan diri dan kemampuan Anda. Ini terutama terlihat melalui turnamen dan pertandingan di mana kamu dan tim berlaga menguji keterampilan.

Pencapaian kecil dan bertahap selama beberapa wajktu dapat membangun kepercayaan diri dari waktu ke waktu. Hal ini memungkinkan kamu memiliki  kemampuan  mengerjakan proyek dan tugas baru di tempat kerja dengan kepercayaan diri yang baru ditemukan.

6.Mengurangi stres

Ketika kamu aktif secara fisik, membuat pikiran kamu mendapat kesempatan untuk melepaskan diri dari stres dan tekanan hidup sehari-hari. Latihan fisik mengurangi hormon stres dalam tubuh Anda dan merangsang pelepasan endorfin. Endorfin ini dapat memberi kamu lebih banyak energi dan fokus untuk melakukan berbagai aktivitas.

7.Meningkatkan kesehatan mental

Public Health Agency melaporkan bahwa partisipasi rutin dalam olahraga dan aktif juga dapat meningkatkan kesehatan mental yang baik. Ini termasuk memperbaiki suasana hati, meningkatkan rasa kesejahteraan,mengurangi kecemasan, memerangi emosi negatif, dan melindungi dari depresi.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close