Sehat

7 Tips Sehat Menangkis Covid-19 di Masa New Normal

Masa New Normal bukan berarti menjadi lengah terhadap bahaya corona.

Pandemik corona yang melanda dunia menjadi masalah besar yang dihadapi setiap orang. Tampaknya virus ini akan tetap ada dan tidak hilang. Hingga kini tidak ada yang dapat memperkirakan kapan pandemik corona berhasil dikontrol.

“Kita harus realistis karena virus ini tetap ada dan tidak akan lenyap. Kita harus mulai menerima dan mau tidak mau hidup berdampingan,” demikian Michael Ryan, Direktur Kedaruratan  WHO.

Sejalan dengan ini Presiden Joko Widodo juga meminta agar tetap produktif di tengah pandemik.
“Saatnya kita semua kompromi untuk hidup berdampingan dengan Covid-1. Kita harus berdamai dengan Covid. Kita harus masuk New Normal,”  ungkap Jokowi.

Namun begitu masa New Normal bukan berarti menjadi lengah terhadap bahaya corona. Justru setiap orang bersikap tetap waspada pada penularan virus ini.

Mau tidak mau kesadaran pentingnya melindungi diri dan menjaga agar tak tertular menjadi tanggung jawab masing-masing individu. Konsep New Normal saat ini menjadi bagian penting untuk mencegah penularan virus agar tidak terjadi terjadi penularan.

Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan memiliki kekuatan menghadapi ancaman virus :

tips sehat saat New Normal

1.Pakai masker setiap keluar rumah

Mengikuti petunjuk dari Centrer for Disease Control and Prevention Amerika, sebaiknya menggunakan masker bila berada di tempat umum. Pemakaian masker ini diharapkan bisa memperlambat dan melindungi diri dari penyebaran virus.

2.Sebaiknya tidak berada di tengah keramaian

Saat Anda beraktivitas sebaiknya sebisa mungkin menghindari kerumunan di tempat publik atau umum di masa New Normal. Waspada bila Anda berada di pasar, mal, restaurant, kafe, transportasi umum, tempat ibadah, sekolah, dan lain-lainnya.

Seandainya memang Anda harus bepergian karena ada kepentingan tidak bisa tertunda, lakukan perlindungan diri maksimal.

 3.Jangan lupa membawa hand sanitizer saat bepergian

Kondisi New Normal membuat kita terpaksa akan lebih sering berada di luar rumah. Kita semua akan kembali bersentuhan dengan apa pun yang ada di sekitar.

Masa New Normal ini hand sanitizer menjadi sesuatu yang wajib Anda bawa dan gunakan saat bepergian. Pastikan Anda membawa hand sanitizer yang mengandung 70% alkohol. Bersihkan tangan saat Anda memegang gagang pintu, selesai dari toilet, dan setelah menyentuh sesuatu yang kotor, dan lainnya.

4.Selalu bersihkan tempat dengan disinfektan

Bila Anda menggunakan tempat atau sesuatu yang banyak digunakan orang, Anda perlu membersihkannya dahulu. Seperti kursi atau meja yang di tempat umum. Semprotkan disinfektan baik yang mengandung alkoholo ataupun bayclin di kursi dan meja sebelum Anda gunakan.

5.Menjaga pola hidup sehat

Tips Sehat saat New Normal

Paling penting menghadapi New Normal adalah memiliki pola hidup sehat, di antaranya menjaga pola tidur, makanan sehat dan bergizi, olahraga teratur dan sebaiknya berpikir positif (hindari stres). Lakukan kegiatan yang membuat Anda happy agar tetap sehat.

Lalu tetap menjaga  agar tubuh tidak terlalu lelah dalam beraktivitas, Ketika terlalu letih, tubuh menjadi lebih mudah terpapar penyakit. Bila diperlukan, kita juga bisa menjaga kesehatan dengan mengoonsumsi suplemen atau vitamin

6.Jangan malas membawa peralatan pribadi

Meskipun agak repot Anda tetap perlu memperhatikan hal ini. Bila Anda pekerja kantoran sebaiknya membawa gelas, tempat makan, tempat minum, peralatan lainnya dari rumah. Sebaiknya cuci setelah digunakan dan simpan di tempat terpisah dan bersih. Hal ini akan mengurangi risiko terpapar virus dari orang lain.

7.Manfaatkan teknologi cashless saat berbelanja

Saat masa pandemic ini sebaiknya manfaatkan pembayaran cashless saat belanja. Hal ini mengurangi risiko penularan dari uang tunai yang banyak dipegang orang sebelumnya.

Kalaupun terpaksa menggunakan cash, ada baiknya Anda harus cuci tangan dengan sabun atau semprotkan hand sanitizer setelah memegang uang.

 

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close