Gaya Hidup

9 Rahasia agar Tidur Lebih Nyenyak

Warnahidup, Jakarta – Dengan banyaknya jumlah gawai yang kita lihat sepanjang hari, tidak mencengangkan banyak semakin banyak orang yang terjangkit insomnia di dunia.

Jadi jika anda menghadapi juga mengalami masalah serupa, coba ikuti sembilan kiat yang dapat membuat anda bisa tidur nyenyak pada malam hari seperti dilansir BoldSky.

1. Makan ayam

Daging ayam mengandung banyak tryptophan, asam amino yang penting untuk memproduksi serotonin dan melatonin dalam tubuh, dua hormon yang membuat Anda tertidur.

2. Minum teh

Teh chamomile, valerian, lavender dan peppermint membuat anda lebih mudah tertidur. Selain itu, menyesap teh dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga aktivitas dalam otak menurun dan membantu Anda lebih cepat tidur saat merebahkan tubuh di kasur.

3. Tidur di ruangan gelap gulita

Terpapar sinar membuat tubuh lebih sulit untuk tidur pulas. Itulah mengapa orang yang tidur di bawah lampu yang terang benderang sering merasa lelah bahkan ketika sudah terbangun. Jadi jika Anda ingin tidur lebih nyenyak pada malam hari, matikan lampu dan tutup tirai agar kamar benar benar gelap.

4. Tidur di kamar yang sejuk

Entah itu menyalakan kipas angin, atau dengan pendingin ruangan. Tidur di kamar yang dingin lebih baik ketimbang tidur di kamar yang hangat tanpa memakai busana. Faktanya, studi menunjukkan bahwa orang yang tidur di temperatur dingin kehilangan lebih banyak berat badan saat tidur karena lemaknya dibakar untuk menjaga temperatur tubuh.

5. Warnai dinding kamar dengan cat biru

Dari sudut pandang psikologi, warna biru membuat hati lebih tenang. Itulah mengapa designer interior punya rekomendasi mengecat dinding kamar dengan warna biru agar lebih mudah tidur pada malam hari.

6. Menyantap biji-bijian saat makan siang

Biji-bijian seperti nasi coklat adalah cara tepat meningkatkan jumlah hormon serotonin dan melatonin dalam tubuh. Namun karena butuh waktu lama untuk mencernanya, direkomendasikan untuk menyantapnya pada makan siang agar manfaatnya bisa dirasakan setelah makan malam.

7. Kurangi porsi makan malam

Makan terlalu banyak pada malam hari membuat Anda lebih sulit tidur karena tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan. Itulah mengapa direkomendasikan untuk mengurangi porsi makan malam, atau berhenti makan setelah pukul tujuh malam sehingga tubuh punya banyak waktu untuk beristirahat setelah mencerna asupan nutrisi.

8. Jangan berolahraga malam hari

Berolahraga membuat tubuh mengeluarkan hormon serotonin yang membuat Anda merasa bahagia. Namun akibatnya Anda justru merasa segar bugar setelah berolahraga pada malam hari karena serotonin mencegah aktivitas otak menurun, yang krusial untuk membuat seseorang tertidur.

9. Jangan makan coklat pahit pada malam hari

Coklat pahit baik untuk kesehatan. Namun bila anda memakannya pada larut malam, bisa membuat Anda sulit tidur karena coklat pahit mengandung banyak kafein.

 

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close