Gaya Hidup

Asal Usul April Mop dan Perayaannya di Berbagai Negara

Ini merupakan hari menyenangkan bisa membuat beragam lelucon untuk teman, keluarga bahkan tetangga untuk mempermalukan mereka yang mudah ditipu.

Warnahidup, Jakarta-  Pernah mendengar April Mop? Ya,  mungkin kita sering mendengar April Mop yang berlangsung setiap tanggal 1 April setiap tahunnya. Sebetulnya apa sih yang dimaksud dengan April Mop?

April Mop atau juga dikenal sebagai April Fool’s Day dalam Bahasa Inggris menjadi hari yang unik. Mengutip dari Wikipedia, pada hari itu, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon (mungkin istilah sekarang prank) kepada orang lain tanpa dianggap bersalah.

Hari ini ditandai dengan tipu-menipu dan lelucon lainnya baitu itu untuk teman, keluarga, pasangan, atau pun para tetangga yang tujuannya mempermalukan orang-orang yang mudah ditipu.

Asal Mula April Mop

Mengutip history.com beberapa sejarawan berspekulasi kalau April Mop itu telah ada sejak tahun 1582. Saat itu Prancis beralih dari sebelumnya memakai kalender Julian menjadi kalander Gregorian sesuai permintaan Dewan Trente pada 1563.

Tahun baru kalender Julian dimulai saat musim Semi, yaitu akhir Maret atau awal April. Sementara, di kalender Gregorian yang sekarang digunakan, tahun baru jatuh pada tanggal 1 Januari. Bisa dibayangkan saat itu sebuah berita tidak secepat sekarang menyebar.  Karena itu, masih ada orang-orang memakai  kalender Julian untuk merayakan tahun baru pada akhir bulan Maret sampai awal bulan April.  Nah, orang-orang yang masih merayakan tahun baru di musim semi inilah yang mereka disebut ‘April Fools’.

Sedangkan, menurut  officeholidays.com, April Mop  kemungkinan merupakan peninggalan perayaan yang diadakan untuk menandai titik balik musim semi. Perayaan hari-hari pertama musim semi ini mulai berlangsung 25 Maret dan berakhir pada 2 April

Secara historis, banyak bagian dunia merayakan 1 April sebagai Hari Tahun Baru, karena hubungannya dengan dimulainya Musim Semi.

Perayaan April Mop di Banyak Negara

Di beberapa negara seperti Inggris dan Australia serta Afrika Selatan, lelucon hanya boleh dilakukan sampai siang atau sebelum siang hari.  Seseorang yang memainkan trik setelah tengah hari disebut sebagai “April Mop”.Namun di tempat lain seperti Kanada, Prancis, Irlandia, Italia, Rusia, Belanda, dan Amerika Serikat lelucon bebas dimainkan sepanjang hari. Hari itu juga banyak diperingati di internet.

Skotlandia

Di Skotlandia, tradisi menjadi acara dua hari, dimulai dengan “berburu burung gowk”. Di mana orang dikirim untuk tugas palsu (gowk adalah kata untuk burung kukuk, simbol untuk orang bodoh) .

Kemudian, diikuti oleh Tailie Day, yang melibatkan lelucon yang dimainkan pada derrier orang, seperti menjepit ekor palsu atau tanda “tendang aku” pada mereka.

Mereka yang masih merayakan  1 April dipandang sebagai ‘bodoh’ oleh masyarakat umum, dan permainan yang adil untuk menjadi sasaran lelucon dan trik dikenal sebagai “poisson d’avril” atau “April Fish”.

Tradisi menyebar ke Inggris dan Skotlandia pada abad ke-18 dan dibawa ke koloni Amerika oleh Inggris dan Perancis.

April Mop

Brazil
Di Brazil Hari ini diuluki dia da mentira, atau hari kebohongan. Mirip dengan negara lainnya, banyak media menyajikan judul berita konyol yang diklaim sebagai hal palsu. Tak hanya itu, di hari ini lazimnya banyak  orang akan menebarkan kebohongan satu sama lain untuk menipu atau mengusik teman-temannya.

Prancis Sementara itu perayaan April Mop di Prancis umumnya justru dilakukan oleh anak-anak.. Di negara tersebut, Hari April Mop dilakukan dengan diam-diam menempelkan ikan kertas ke punggung seseorang. Nah saat si korban menemukan tempelan kertas pada punggungnya tersebut, orang iseng yang menempelinya akan berteriak “Poisson d’Avril!” yang berarti “ikan April!”

Yunani

Di Yunani ada semacam kepercayaan tentang lelucon April Mop. Mereka menyakini kalau  kamu bisa menipu seseorang, maka kamu akan memiliki keberuntungan sepanjang tahun. Keyakinan akan keberuntungan tersebut termasuk menikmati tahun panen yang baik, dan bahwa air dari hujan pada tanggal 1 April akan menjadi sumber kesembuhan.

India

Memang di India hanya anak muda yang merayakan April Mop ini sebagai tradisi. Namun begitu, semua orang menikmati dan ikut gembira. Tak jarang anak-anak berteriak “April Fools!” setelah membohongi seseorang, dan mereka akan  memainkan lelucon seperti membuat panggilan palsu ke teman-teman.

Irlandia

Di negara ini April Mop dirayakan beberapa cara. Umumnya mereka akan melakukan lelucon hingga siang hari. Namun biasanya akan terus memainkan lelucon hingga sore hari dianggap orang-orang yang ‘bodoh’.

Berbagai media dapat menerbitkan tipuan pada 1 April, dan beberapa pengemudi akan mengemudi di sisi kanan jalan untuk merayakannya. Pada umumnya, para pengguna jalan mengemudi di sebelah kiri.

Meksiko

Hari April Mop  di Meksiko jatuh pada tanggal 28 Desember. Awalnya, hari itu adalah peringatan yang suram tentang pembantaian anak-anak yang tidak bersalah oleh Raja Herodes.

Meskipun selama bertahun-tahun, hari itu telah berkembang menjadi peringatan yang melibatkan lelucon dan trik.

Belanda

Belanda memiliki alasan tersendiri untuk merayakan tanggal 1 April.  Pada tahun 1572, Belanda berada di bawah kekuasaan Spanyol. Pada tanggal 1 April 1572, pemberontak Belanda merebut kota Den Briel. Ini menandai dimulainya kebangkitan sipil umum melawan Spanyol di seluruh Belanda.

Duke of Alba adalah komandan tentara Spanyol pada saat itu, dan dia tidak dapat mencegah pemberontakan dari mengumpulkan momentum. Bril adalah kata dalam bahasa Belanda untuk kacamata, jadi dikatakan bahwa “Alba kehilangan kacamatanya.” Belanda memperingati ini dengan lelucon dan humor pada tanggal 1 April.

China

China tak mau ketinggalan merayakan April Mop.  Ini merupakan hari untuk bersenang-senang dan lelucon yang popular. Di sini lelucon termasuk menipu banyak orang dengan berita palsu, menakut-nakuti mereka, atau menempelkan tanda pada orang tanpa mereka tahu bahwa mereka memakainya.

Di China, anak-anak sekolah mulai memainkan lelucon April Mop pada awal 1990an. Biasanya para guru asing berasal dari Barat akan melontarkan lelucon pada anak-anak saat April Mop dan banyak anak China mengikutinya membuat mereka senang.

Saat ini, sebagian besar anak-anak di sekolah dan generasi muda memainkan permainan semacam itu. Namun untuk generasi yang lebih tua tidak melakukan tradisi ini. Tetapi hari itu dikenal cukup luas sehingga terkadang surat kabar dan situs web memuat laporan berita palsu untuk mengejutkan dan mengejutkan orang.

Hong Kong

Pada tanggal  1 April setiap tahun di dunia Barat dan di banyak negara Timur, orang sering membuat lelucon, hoax, dan bersenang-senang. Karena pengaruh Inggris, kebiasaan ini dilakukan di Hong Kong.

Tipuan April Mop  yang terkenal di Hong Kong pada tahun 2003 adalah laporan yang ditempatkan di situs oleh seorang siswa bahwa begitu banyak orang yang terinfeksi SARS.

Sehingga Hong Kong dikarantina, pelabuhan ditutup hingga tidak ada yang bisa masuk atau meninggalkan Hong Kong, dan Tung Chee Hwa yang merupakan Kepala Eksekutif Hong Kong telah mengundurkan diri. Pasar swalayan Hong Kong dibanjiri oleh orang-orang yang panik yang mencoba menyimpan makanan untuk mengatasi krisis.

April Mop

Sering Mengecoh Peristiwa Sebenarnya

Kebiasaan membuat lelucon April Mop sering membuat orang-orang yang memperingatinya sering meragukan liputan berita yang terbit pada tanggal 1 April.

-Pada 1 April 1946, gempa bumi diserta tsunami yang menyebabkan 165 orang di Hawaii dan Alaska meninggal hingga akhirnya dibuatnya sistem peringatan tsunami. Di Hawaii, tsunami ini dikenal dengan “Tsunami April Mop”, karena banyaknya penduduk meninggal karena mereka tidak percaya berita akan kedatangan tsunami tersebut.

-Kematian Raja George II dari Yunani pada tanggal 1 April 1947.

-AMC Gremlin yang pertama kali diperkenalkan pada tanggal 1 April 1970.

-Pada tahun 1979, Iran menyatakan bahwa 1 April merupakan Hari Republik. Kabar ini dianggap sebagai lelucon hingga tiga puluh tahun kemudian.

-Pada tanggal 1 April 1984, penyanyi Marvin Gaye ditembak dan dibunuh oleh ayahnya. Awalnya, orang beranggapan kejadian ini merupakan berita palsu, terutama mengingat aspek aneh ayah menjadi seorang pembunuh.

Pada 1 April 1993, juara NASCAR Seri Piala Winston, Alan Kulwicki tewas dalam kecelakaan pesawat yang melibatkan eksekutif Hooters dari Amerika di Blountville, Tennessee dekat Bandara Tri-Cities. Perjalanan itu menuju ke Food City 500 yang dijadwalkan untuk hari berikutnya.

-Deathrock legenda Rozz Williams  wafat karena bunuh diri pada tanggal 1 April 1998.

-Pada tanggal 1 April 1999 wilayah barat laut Kanada terpecah yang sekarang wilayah itu bernama Nunavut.

-Persaingan antara Merger Square dan perusahaan saingannya, Enix , terjadi pada 1 April 2003, dan pada awalnya dianggap sebagai lelucon.

-Leslie Cheung, penyanyi dan aktor terkenal asal Hong Kong, bunuh diri pada tahun 2003 karena depresi berat.

-Peluncuran Gmail  pada April 2004  oleh google sempat  awalnya dianggap lelucon, karena Google memang terkenal sering memasang lelucon April Mop pada situs mereka.

Nah, ada baiknya nih kamu mesti waspada juga kalau-kalau ada yang bikin prank ke kamu hari ini ya!

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button