Gaya HidupSehat

Bangun Pagi Banyak Faedahnya, Apa Saja?

Bangun pagi-pagi adalah sesuatu yang kita harus lakukan sejak kecil. Kita semua bangun pagi untuk sekolah, belajar untuk ujian dan kadang-kadang karena orang tua yang memaksa kita melakukannya. Dan itu berlanjut hingga kita dewasa.

Meskipun kamu mungkin benci meninggalkan tempat tidur pagi-pagi sekali, penelitian menunjukkan praktik bangun pagi ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Jadi ingat bangun pagi bukan hanya untukmu, tapi lihatlah manfaat yang kamu dapatkan dari bangun pagi. Apa saja? Simaklah ulasan di bawah ini seperti dikutip dari Magforwomen:

1. Meningkatkan prestasi dan produktivitas

Bangun lebih awal memastikan prestasi yang lebih baik jika kamu seorang siswa atau mahasiswa. Ini akan memungkinkan kamu untuk mencetak nilai yang lebih baik saat ujian. Sebab, kamu akan dapat mengingat hal-hal dengan baik sejak pagi, waktu ketika pikiran bebas dari kekhawatiran.

Jika kamu bekerja, bangun lebih awal akan meningkatkan produktivitasmu. Kamu tidak akan terganggu dengan mudah dan berkonsentrasi lebih baik saat bekerja.

2. Mendukung diet sehat

Dengan bangun pagi, kamu memulai hari dengan sarapan yang sehat. Ini mencegah Kamu makan terlalu banyak atau terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji atau makanan berlemak dan bergula di siang hari.

Jika kamu melewatkan sarapan karena bangun kesiangan, kamu cenderung makan berlebihan pada jam-jam berikutnya yang pada akhirnya menyebabkan obesitas.

3. Memperbaiki pola tidur

Dengan bangun lebih awal, kamu juga mengatur pola tidur. Bangun pagi-pagi akan memaksa kamu tidur lebih awal.

Dengan demikian, kamu akan memperbaiki pola tidur yang diatur oleh tubuh secara perlahan. Lalu bangun pada waktu yang sama setiap hari.

4. Kesehatan mental

Jika kamu bangun pagi, otak menjadi segar kembali. Juga, ketika bangun pagi, kamu memiliki cukup waktu untuk bersiap-siap bekerja dan tidak perlu terburu-buru agar tepat waktu.

Ini mengurangi banyak stres dan membuatmu tetap tenang, optimis dan positif. Sikap kamu terhadap kehidupan berubah.

5. Punya banyak waktu untuk berolahraga

Bangun pagi juga memberi kamu cukup waktu untuk berolahraga sebelum bersiap beraktivitas.

Juga, kamu tidak perlu mencurahkan waktu ekstra untuk berolahraga di malam hari atau waktu lain jika kamu menyelesaikannya di pagi hari. Ini juga membantumu mengalahkan kelesuan.

6. Memberi ruang untuk introspeksi

Orang-orang yang bangun pagi memiliki banyak ruang dan waktu sendirian di pagi hari ketika semuanya tenang dan damai.

Ini membersihkan pikiran, dan membuatmu lebih waspada terhadap hal-hal di sekitar serta diri kamy sendiri.

Lingkup introspeksi ini hanya datang dengan menjadi orang yang bangun pagi setiap hari. (*)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button