Tekno

Begini Cara Aktifkan Fitur Hapus Pesan Otomatis di WhatsApp

Warnahidup,Jakarta – Sebagai pengguna WhatsApp, kamu bisa menghilangkan pesan secara otomatis. Ini agak berbeda dengan fitur Delete untuk menghilangkan pesan secara langsung, namun perlu waktu hingga tujuh hari sampai pesan hilang secara otomatis.

Dikutip dari keterangan resmi Whatsapp, fitur ini bernama Disappearing Messages yang sudah diluncurkan tahun lalu. Pengguna dapat membuat pesan pada chat individu maupun grup secara otomatis dihapus setelah tujuh hari pesan dikirimkan.

Untuk chat individu bisa diaktifkan oleh salah satu pengguna. Sementara tugas menyalakan fitur pesan menghilang pada grup WhatsApp ada di tangan admin.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna tinggal mengetuk nama individu atau grup WhatsApp. Lalu pilih menu Disappearing Messages dan aktifkan dengan memilih on.

Ada sejumlah catatan untuk fitur ini, misalnya Disappearing Messages tidak berpengaruh pada pesan yang dikirim atau diterima sebelum fitur diaktifkan.

Baca juga: Cara Buka Whatsapp Pakai Sidik Jari

Selain itu bagi mereka yang tidak membuka WhatsApp selama tujuh hari dan fitur diaktifkan, pesan tetap hilang. Namun isi pesan masih dapat terlihat pada tampilan notifikasi pesan hingga WhatsApp dibuka.

Ada sejumlah kondisi walau fitur sudah diaktifkan pesan tetap tidak menghilang. Misalnya saat membalas sebuah pesan, pesan asli akan dikutip. Saat pesan yang dibalas mengaktifkan Disappearing Messages maka kemungkinan pesan tidak menghilang walau sudah lewat tujuh hari.

Adapula saat pesan yang mengaktifkan fitur tersebut diteruskan ke tempat tanpa Disappearing Messages, maka pesan tidak menghilang di sana.

Selain itu pengguna yang membuat cadangan sebelum pesan menghilang maka fitur akan disertakan di dalamnya. Disappearing Messages akan dihapus saat pengguna memulihkan cadangan.

Fitur Disappearing Messages sudah bisa kamu gunakan baik di Android atau iOS.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close