Film

Chloe Zhao Cetak Sejarah, Jadi Sutradara Perempuan Asia Pertama Menang Oscar

Warnahidup, Jakarta – Sutradara kelahiran China, Chloe Zhao, mencetak sejarah sebagai warga Asia pertama meraih Oscar sebagai sutradara terbaik dalam film Nomadland.

Film ini berkisah tunawisma yang melakukan perjalanan melintasi bagian barat (West side) dengan sebuah van untuk mencari pekerjaan. Hal ini dilakukan karena kehilangan segalanya dalam resesi di Amerika Serikat, “Nomadland,” mencetak rekor sejarah sebagai perempuan Asia pertama dan perempuan kedua yang pernah menjadi sutradara terbaik di Academy Awards, Minggu (25/4) waktu setempat, dikutip Antara.

Ini adalah piala Oscar pertama untuk Zhao (39), yang menampilkan kehidupan nyata pengembara bersama aktris Frances McDormand. Ia ingin menunjukkan kehidupan orang Amerika generasi sebelumnya yang bepergian mencari pekerjaan demi pekerjaan demi menyambung hidup.

Dalam pidatonya, Chloe Zhao membawa kita semua ke masa kecilnya. Ia mengingat permainan yang kerap ia lakukan bersama teman-temannya saat di China. “Saat aku tumbuh di China, aku selalu memainkan permainan ini. Kami menghafal puisi dan teks klasik China, dan melafalkannya bersama-sama. Kami mencoba untuk menyelesaikan kalimat masing-masing,” ungkap Chloe.

“Ada satu yang aku ingat bernama ‘tiga karakter klasik’ Kalimat pertama berbunyi: manusia pada dasarnya dilahirkan dengan kebaikan. Enam kata tersebut memiliki pengaruh yang sangat besar bagiku saat kecil. Dan aku benar-benar mempercayainya hingga kini. Walaupun kadang kebalikannya benar, tapi aku selalu menemukan kebaikan pada orang-orang yang aku temui, ke mana pun aku pergi di dunia ini,” ungkap Chloe Zhao.

Chloe Zhao pun mempersembahkan piala tersebut untuk mereka yang masih berpegang teguh pada kebaikan dalam diri. Ia mengaku terinspirasi oleh kebaikan tersebut.

“Jadi penghargaan ini untuk mereka yang masih memiliki kepercayaan dan keberanian untuk berpegang pada kebaikan dalam diri mereka sendiri. Untuk berpegang pada kebaikan tak peduli betapa sulitnya untuk melakukan hal tersebut. Dan ini untuk kalian semua. Kalian menginspirasiku untuk terus berjalan. Terima kasih,” katanya Chloe.

Zhao lahir di China dan tinggal di Beijing sampai usia 14 tahun, lalu dia bersekolah di asrama di London dan kemudian menyelesaikan sekolah menengah di Los Angeles.

Setelah menempuh pendidikan di sekolah film di New York, Zhao memenangkan pujian untuk film independen “Songs My Brothers Taught Me,” tentang ikatan antara saudara lelaki dan perempuan penduduk asli Amerika, dan “The Rider,” kisah seorang koboi muda yang pulih dari cedera kepala serius.

Tapi momen besar ini tidak ditayangkan secara langsung di televisi China, di mana sutradara ini justru menuai kritikan. Poster-poster di media sosial China mengatakan Zhou pernah mengucapkan pernyataan yang isinya menghina China.

Penonton televisi Hong Kong juga tidak bisa menonton Oscar 2021 secara langsung. Hal ini karena saluran televisi TVB menolak menayangkan Academy Awards untuk pertama kalinya dalam kurun lebih dari 50 tahun. TVB mengatakan mereka tidak menayangkan acara bergengsi ini karena alasan komersial.

Keputusan untuk tidak menayangkan Oscar menimbulkan perhatian mengenai kebebasan yang dikekang di Hong Kong, yang mengambil jalur otoriter sejak China memberlakukan UU keamanan nasional tahun lalu.

Hanya Dua Sutradara Wanita Peraih Oscar

Memilih orang-orang non aktor menambah sisi realisme dalam filmnya, yang mengisahkan kenyataan dan cerita sederhana dengan rasa bersahaja.

Hanya dua perempuan yang memenangi sutradara terbaik dalam 93 tahun sejarah Academy Awards. Kathryn Bigelow jadi yang pertama pada 2010 untuk film thriller perang “The Hurt Locker.”
Zhao berkompetisi tahun ini bersaing dengan sutradara “Promising Young Woman” Emerald Fennell, menandai pertama kalinya dua perempuan dinominasikan dalam satu kategori pada waktu yang sama.

Dia dijagokan di upacara Oscar setelah membawa pulang piala dari Directors Guild of America, Golden Globes, BAFTA, dan beberapa grup kelompok kritikus film.

Pesaing lainnya, selain Fennell, adalah David Fincher untuk “Mank,” Lee Isaac Chung untuk “Minari,” dan Thomas Vinterberg untuk “Another Round.”

Film-film Zhao yang akan tayang meliputi film laga berbiaya besar dari Marvel Studios berjudul “Eternals”, yang dijadwalkan rilis pada November, dan fiksi ilmiah versi Barat “Dracula”.

Nomadland jadi film terbaik Oscar 93

Daftar Lengkap Pemenang Oscar 2021

Upacara penghargaan Oscar 2021 telah berlangsung di bawah protokol kesehatan Covid-19 yang ketat, di mana acara digelar lebih intim, sederhana, dan memberi lebih banyak waktu bagi para pemenang yang biasanya hanya boleh bicara dalam durasi sangat singkat.

Berikut daftar pemenang Academy Award ke-93 yang digelar pada 25 April 2021 di Los Angeles, Amerika Serikat.

Best Picture : “Nomadland”
Best Director : Chloé Zhao (“Nomadland”)
Best Actor in a Leading Role : Anthony Hopkins (“The Father”)
Best Actress in a Leading Role: Frances McDormand (“Nomadland”)
Best Actor in a Supporting Role : Daniel Kaluuya (“Judas and the Black Messiah”)
Best Actress in a Supporting Role : Yuh-jung Youn (“Minari”)
Best Animated Feature Film: “Soul” (Pixar)
Best Adapted Screenplay: “The Father”
Best Original Screenplay: “Promising Young Woman”
Best Original Song: “Fight for You” (“Judas and the Black Messiah”)
Best Original Score: “Soul” – Trent Reznor, Atticus Ross, Jon Batiste
Best Sound: “Sound of Metal”
Best Costume Design: “Ma Rainey’s Black Bottom” – Ann Roth
Best Animated Short Film: “If Anything Happens I Love You” (Netflix)
Best Live-Action Short Film: “Two Distant Strangers”
Best Cinematography:”Mank” – Erik Messerschmidt
Best Documentary Feature: “My Octopus Teacher” (Netflix)
Best Documentary Short Subject: “Colette” (Time Travel Unlimited)
Best Film Editing: “Sound of Metal” Mikkel E.G. Nielsen
Best International Feature Film: “Another Round” (Denmark)
Best Makeup and Hairstyling: “Ma Rainey’s Black Bottom” – Sergio Lopez-Rivera, Mia Neal, Jamika Wilson
Best Production Design: “Mank”
Best Visual Effects: “Tenet”

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close