Bisnis

CV dan Resume Ternyata Tak Sama Lho! Yuk Intip Perbedaannya

Berbicara mengenai dunia pekerjaan, hal yang pasti menjadi konsentrasi pelamar ialah bagaimana membuat riwayat hidup (CV) secara menarik namun juga ringkas merangkum segala pengalaman bekerja yang telah dilalui.

Hal ini kerap kali menjadi tantangan bagi para pemula yang baru memulai mendesain CV.

Namun jangan terburu-buru, ternyata perusahaan ada yang meminta calon kandidat barunya untuk mencantumkan CV atau Resume.

Faktanya, mereka berdua ternyata berbeda lho. di Amerika Serikat (AS) sendiri, penggunaan CV dan Resume bahkan sangatlah spesifik.

Di dunia internasional seperti AS dan Kanada, CV ditujukan untuk lamaran yang sifatnya akademik seperti mengajukan dana hibah, beasiswa penelitian, hingga sesuatu yang karakternya memang akademis. Selain itu, CV biasanya lebih panjang dibanding Resume.

Panjang halaman CV bisa 2-3 halaman, bergantung pada pengalaman teman-teman di bidang akademik seperti publikasi, penghargaan (awards), hingga akumulasi pengalaman yang menceritakan (showcasing) apa yang sudah teman-teman kerjakan di bidang pendidikan.

CV sendiri berasal dari bahasa Latin yang merupakan kepajangan dari Curriculum Vitae atau course of life (riwayat hidup).  Dengan sebutan riwayat hidup ini, tak heran CV berhalaman-halaman panjangnya. Berikut gambaran apa-apa saja yang harus teman-teman cantumkan dalam CV:

1.    Contact Information
2.    Research Objective, Professional Profile, or Personal Statement
3.    Education
4.    Professional Academic Appointments
5.    Books
6.    Book Chapters
7.    Peer-Reviewed Publications
8.    Other Publications
9.    Awards and Honors
10. Grants and Fellowships
11. Conferences
12. Teaching Experience
13. Research Experience / Lab Experience / Graduate Fieldwork
14. Non-Academic Activities
15. Languages and Skills
16. Memberships
17. References

Jika pengertian CV sudah jelas, lantas apa arti dari Resume? Resume berasal dari bahasa Perancis yaitu “to sum up” atau dalam bahasa Indonesianya ialah ringkasan. Tak heran, Resume bersifat pendek dan praktis.

Di AS dan Kanada, penggunaan Resume memang bertujuan untuk melamar pekerjaan dan merupakan gambaran singkat tentang pengalaman orang bekerja yang dapat dilihat oleh recruiter (perekrut). Jadi, panjang Resume memang sebaiknya satu halaman saja, atau paling panjang ialah hingga 2 halaman.

Berikut gambaran apa-apa saja yang harus disertakan dalam dokumen Resume Anda ketika melamar suatu pekerjaan di sejumlah perusahaan impian:

1.    Contact Information
2.    Resume Summary or Resume Objective
3.    Work Experience
4.    Education
5.    Skills
6.    Additional Sections (Awards, Courses, Publications, Certificates, Conferences, etc.)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button