Terkini

Hari Sumpah Pemuda, Ini Deretan Atlet Muda RI yang Sabet Juara Dunia

Memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh 28 Oktober, tak ada salahnya kita mengenal anak-anak muda Indonesia yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Siapa saja mereka?

1. Lalu Muhammad Zohri
Lalu Muhammad Zohri adalah seorang pelari muda 100 meter Indonesia yang berhasil meraih medali emas dan menjadi juara dunia pada Kejuaraan Dunia Atletik Junior 2018 yang berlangsung di Tampere, Finlandia.
Dengan catatan waktu 10,18 detik, Pria kelahiran 1 Juli 2000 ini mengalahkan dua pelari Amerika Serikat, Anthony Schwartz dan Eric Harrison. Kedua pelari Amerika Serikat ini menempati peringkat kedua dan ketiga yang sama-sama memiliki catatan waktu 10,22 detik.

2. Aries Susanti Rahayu

Aries Susanti, seorang atlet panjat tebing Indonesia kelahiran Grobogan, Jawa Tengah ini berhasil meraih emas pada kelas speed women di kejuaraan panjat tebing dunia IFSC World Cup di Xiamen, Tiongkok pada Sabtu, 20 Oktober lalu.

Pada pertandingan IFSC World Cup di Xiamen ini, Aries Susanti bersaing dengan atlet-atlet panjat tebing dunia seperti Yi Ling Song dan Maria Krasavina. Ketika bertanding, Aries Susanti berhasil mencatatkan waktu terbaiknya.

Tak ayal, wanita kelahiran 21 Maret 1995  mendapatkan medali emas sekaligus memecahkan rekor dunia. Ia menorehkan waktu 6,995 detik untuk nomor speed women. Hal ini diungkapkan manager pelatnas Panjat Tebing, Asep Rachmat yang hadir langsung di Xiamen.

Dengan demikian, Arie Susanti adalah atlet wanita pertama yang mencatatkan waktu di bawah 7 detik.

3. Aero Sutan Aswar
Atlet jetski kebanggaan Indonesia, Aero Sutan Aswar kembali mengukir prestasi inter. Kali ini dia menunjukkan keperkasaannya dengan menjuarai Kejuaraan Dunia Jetski 2019 di Lake Havasu City, Arizona, Amerika Serikat pada 5-13 Oktober 2019.

Pria kelahiran 4 Desember 1994  ini menjadi juara di kelas Pro Endurance Runabout Open setelah menyabet poin tertinggi 400. Bagi Aero, ini merupakan gelar kedua. Sebelumnya dia juga pernah meraih predikat Juara Dunia Jetski pada tahun 2016.

Pengalaman dan kemampuan serta latihan yang terus menerus diasah menjadi kunci sukses Aero sebagai jawara di kelas paling bergengsi tersebut.

4. Gregoria Mariska

Gregoria Mariska merupakan salah satu pemain bulu tangkis tunggal putri Indonesia. Wanita keahiran Wonogiri , 11 Agustus 1999 ini adalah pemain Pelatnas Cipayung sejak 2013 bersama Hana Ramadhini dan Fitriani.

Gregoria mencetak sejarah sebagai juara tunggal putri Kejuaraan Dunia Junior BWF 2017 di Yogyakarta setelah terakhir kali Indonesia menjadi juara pada seri pertama Kejuaraan Dunia Junior BWF di Jakarta tahun 1992 silam atas nama Kristin Yunita.

Ia berasal dari PB. Mutiara Cardinal, Bandung dan merupakan peraih medali perunggu SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia serta medali perak di Kejuaraan Asia Junior 2016 di Bangkok, Thailand.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close