Olahraga

Jangan Remehkan Jalan Kaki, Faktanya Ampuh Turunkan Berat Badan

Aktivitas ini mudah dilakukan siapa saja, dan banyak manfaatnya.

  • WarnaHidup, Jakarta- Apakah kamu termasuk sosok yang berpikir kalau menurunkan berat badan itu susah, berliku dan perlu mati-matian berusaha? Hmm sepertinya kamu mulai saja jalan kaki.

Ya, jalan kaki bisa jadi merupakan aktivitas yang dianggap sepele. Padahal, ternyata jalan kaki ini mempunyai banyak manfaat. Mulai dari membantu menguatkan jantung, meningkatkan imun, mendongkrak mood, turunkan kadar gula darah, menghilangkan stres, dan paling seru menurunkan berat badan.

Jalan kaki

Saat ini ancaman obesitas menjadi fenomena di banyak negara dunia. Jumlah pengidap obesitas baik anak-anak dan dewasa terus meningkat. Kita tahu obesitas merupakan salah satu faktor menjadi penyebab beberapa kondisi kesehatan. Untuk itu menjaga tubuh ideal berarti juga menjaga kesehatan.

Masa pandemi ini, ketika aktivitas lebih banyak dilakukan di rumah, bisa jadi waktu terbaik buat kamu mulai jalan kaki. Kamu hanya perlu sepatu yang cocok untuk berjalan dan sejuta niat, komitmen dan disiplin. Why not!

Nah, agar jalan kaki kamu optimal, ikuti saja beberapa tips ini:

1.Ubah rute jalan kaki

Bila kamu berjalan dnegan lokasi yang sama selama beberapa waktu pasti jadi bosan. Bagaimana kalau kamu secara rutin mengganti rute nya. Jadi kamu bisa merencakan mempunyai beberapa rute agar kamu tetap semangat berjalan. Kamu perlu perhatikan juga, rute yang kamu pilih aman.

  1. Tingkatkan kecepatan 

Sama halnya dengan lari, renang, atau bentuk olahraga aerobik lainnya, kecepatan akan menghasilkan perbedaan. Pembakaran kalori akan lebih maksimal bila berjalan dilakukan dengan kecepatan tinggi.

Setelah badan kamu terbiasa berjalan kaki, kamu bisa menambah kecepatan.  Ini dilakukan untuk mempercepat pembakaran kalori.

  1. Kenakan pemberat di tubuh 

Menambahkan pemberat di tubuh juga terbukti bisa membakar lebih banyak kalori. Ini karena tubuh memerlukan lebih banyak energi saat kamu mengenakannya. Dengan pemberat, kamu akan lebih mendorong tubuh saat berjalan, sehingga kalori yang terbakar akan lebih banyak pula.

Kamu bisa menambah beban dengan memakai rompi pemberat. Jalan pakai di pergelangan tangan atau kaki, karena dapat sebabkan cedera. Untuk itu kamu perlu konsultasi ke dokter.

manfaat jalan kaki 2

  1. Atur kecepatan jalan sesuai interval 

Mengutip Medical News Today,  mengatur kecepatan menjadi cara efektif untuk membakar kalori lebih cepat ketika berjalan. Untuk melakukannya, pertama-tama kamu harus jalan kaki paling tidak 5-10 menit sebagai pemanasan.

Selanjutnya, terus tingkatkan kecepatan semampumu selama 10-15 detik sebelum kembali ke kecepatan normal. Ulangi proses tersebut, tetapi untuk langkah awal lakukanlah latihan interval ini 5 menit per jalan kaki. Nantinya kalau sudah terbiasa, kecepatan dan intervalnya bisa ditambah.

  1. Usahakan untuk menambah jumlah langkah kaki setiap harinya

Jumlah langkah ideal per hari adalah 10.000 langkah, ini setara dengan berjalan sepanjang 8 km.

Dalam suatu studi disebutkan selama 12 minggu, 35 partisipan studi dengan berat badan berlebih diminta untuk berjalan kaki sebanyak 10.000 langkah. Hasilnya, 30 partisipan memiliki berat badan, indeks massa tubuh, lingkar pinggang, dan persentase lemak tubuh yang secara signifikan lebih rendah. Selain itu, skor kecemasan, kemarahan, depresi, kebingungan, kelelahan, dan tekanan mood juga lebih rendah secara signifikan.

Bila kamu baru mulai rutinitas jalan kaki, tak perlu harus 10.000 langkah setiap harinya. Mulailah semampunya hingga terbiasa, lalu perlahan tambah jarak tempuhnya.

Jalan kaki ini termasuk kamu naik turun tangga, berjalan di mal, menuju parkir, ke warung, dan lainnya.

Nah sekarang kamu sudah tahu manfaat jalan kaki.  Kamu hanya perlu sepatu yang cocok untuk berjalan dan sejuta niat, komitmen dan disiplin. Yuk, satu, dua, tiga!

 

 

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close