Film

Oscars 2021: Ditunda ke April 2021

Penundaan jadwal tayang berbagai film, karena pandemi Corona, juga berimbas pada pergelaran Oscars 2021. Penyelenggaraan Oscars ke-93 ini rencananya dihelat pada 28 Februari 2021 mendatang.

Namun pihak Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) memindahkan malam penganugerahan bagi insan film dunia ini ke 25 April 2021, masih direncanakan di tempat yang sama yaitu Dolby Theatre Hollywood. Syarat tanggal rilis film untuk dinominasikan pun diperpanjang hingga 28 Februari 2021 (mulai 1 Januari 2020) dan pengumuman nominasinya pada 15 Maret 2021.

Dikutip dari The Hollywood Reporter, perpindahan jadwal ini menandai peristiwa keempat sepanjang sejarah pelaksanaan Oscars. Sebelumnya Oscars ditunda akibat bencana banjir di LA pada 1938, peristiwa pembunuhan Dr. Martin Luther King, Jr. di tahun 1968, dan usaha pembunuhan Presiden U.S. Ronald Reagan di tahun 1981.

Terakhir kali Oscars diselenggarakan pada bulan April adalah pada tahun 1988, Oscars ke-60. Pada saat itu film The Last Emperor berhasil menjadi pemenang Best Picture.

Selain perubahan jadwal ini, AMPAS juga telah melakukan usaha lain untuk menghidupkan Oscars 2021 nanti. Karena etalase bioskop yang masih terkendala pandemi Corona, AMPAS mengeluarkan aturan pengecualian untuk dapat melewatkan proses tayang di layar lebar bagi film yang mengalami penundaan jadwal tayang dan akhirnya hanya dirilis untuk layanan streaming.

AMPAS juga membuat perubahan pada jumlah film yang masuk dalam nominasi Best Picture. Mulai Oscars ke-94, nominasi Best Picture akan pasti berjumlah 10 film, setelah sebelum-sebelumnya dalam kemungkinan berjumlah 5 film hingga 10 film.

Bentuk kompromi dan perubahan-perubahan dari AMPAS ini seperti menunjukkan usaha AMPAS untuk mempertahankan nilai emasnya acara penghargaan Oscars dan menjadikan Oscars untuk dapat dimiliki secara global. Keterbukaan AMPAS ini dirasakan begitu kuat ketika pada Oscars 2020 terjadi sejarah dimana ada film Asia pertama yang memenangkan Best Picture, Parasite.

Melesu dan meredupnya penghargaan Oscars ini ditandai dengan trend menurun jumlah penonton malam penganugerahan Oscars dalam 21 tahun terakhir.  Meski sempat meningkat di 2019, Oscars 2020 mencatat jumlah penonton terendah sepanjang sejarah, yaitu 23,6 juta penonton.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close