Seleb

Perjuangan Irwansyah dan Zaskia Sungkar untuk Punya Anak: Sabar, Ikhtiar dan Doa

Pasangan selebritas Irwansyah dan Zaskia Sungkar akhirnya buka-bukaan soal program bayi tabung yang tengah mereka jalani di podcast perdana RANS Podcast bersama Raffi Ahmad yang tayang di akun YouTube RANS Entertainment.

Dalam obrolan santai berdurasi hampir 30 menit tersebut, pasangan yang sudah menikah 9 tahun itu mengungkapnya perasaan kesal mereka dengan pertanyaan seputar anak.

Zaskia menjelaskan sejak awal pernikahannya dengan Irwansyah memiliki anak merupakan salah satu impian mereka. Bukan hanya berdiam diri, mereka juga terus ikhtiar dan berdoa.

Bahkan Saskia mengaku sedih ketika ia dibandingkan dengan adiknya Shireen Sungkar yang sudah lebih dulu dikaruniai anak. Padahal masalah diberi atau tidaknya momong itu adalah kehendak Tuhan, yang terpenting ia dan Irwansyah terus berdoa dan ikhtiar.

“Gue sebenarnya sudah proses sih dari awal, kalau dapat pertanyaan gitu ya awal-awalnya bete banget, misal kayak lo single tapi ditanya mulu kapan nikah pasti sebel kan? Nah ini gue lagi proses ya tapi kemarin belum maksimal kan, jadi biasanya kalau gue dapat pertanyaan gitu gue lebih milih menghindar dari acara-acara.
Kemarin itu malah sempet dapat pertanyaan gini, kapan punya momongan? Kok kalah sama adiknya? Dibanding-bandingin gitu pasti ya enggak enak, pertama ya pasti bahagia adik punya momongan, tapi bukan berarti juga terus dibanding-bandingin, kalau ada tombol-tombol punya anak ya gue mau lah, ya pinginnya tuh orang di sekeliling itu support bukan malah gitu,” kata Zaskia menjawab pertanyaan Raffi Ahmad.

Saskia yang sebenarnya bukan tipe orang cengeng, mengaku pernah menangis sendirian tatkala mendapat pertanyaan seputar momongan yang terlalu menyakitkan. Namun ia tetap sabar dan kuat menghadapinya serta berserah diri kepada Allah.

“Ya intinya kita harus tetap kuat, meskipun manusia, kalau mau nangis paling indah ya pas sholat, nangis sama manusia menurut gue enggak akan mengubah keadaan atau enggak akan ada perubahan, tapi kalau nangis sama Allah bisa lebih lega dan tenang,” jelas Zaskia.

“Gue enggak ada masalah orang nanya apa, cuman kalau nanyanya gini tuh kebangetan. Misal kok gak punya-punya anak sih, kenapa?
dalam hati gue, ya gue pingin marah, moh nanya aja sama Allah akhirnya gue kalau dapat pertanyaan gitu yaudah gue jawab ya besok pinginnya cuman kalau pertanyaan yang enek banget tuh kayak gini, kok lo gak punya anak sih? masa kalah sih sama adiknya?” tambah Irwansyah.

Sumber: Youtube Rans entertaiment
Sumber: Youtube Rans entertaiment

Sempat ingin adopsi anak

Pada kesempatan tersebut, Zaskia Sungkar juga mengakui dirinya sempat ingin mengadopsi anak. Bahkan ada seseorang di lokasi syuting pernah meminta anaknya diadopsi.

“Bagi gue, kalaupun angkat anak tetap harus berhubungan baik dengan orang tuanya. Waktu itu udah sampai lihat foto baby-nya lucu, namun endingnya enggak tega misahin tuh anak dari ibunya. Mendingan kita yang bantu orang tuanya. Terus juga ada pertimbangan misal kalau pas kita angkat anak kalau nanti dia gede
itu bukan mahrom kita. Maksudnya ada pertimbangan gini. Kalau anaknya cewek nanti ke Irwansyah susah, terus kalau cowok nanti ke akunya susah terus kita juga mikir becus gak nanti jadi orang tua soalnya tuh anak bukan anak kita sendiri. Ya sudah akhirnya kita mutusin buat program aja, tetap ikhtiar,” jelas Zaskia Sungkar.

Pernah lakukan inseminasi

 

Zaskia pernah lakukan inseminasi
Kemudian Zaskia juga menceritakan pengalamannya saat melakukan inseminasi di Jakarta.

“Gue dulu insimenasi di Jakarta pernah, inseminasi itu tahap sebelum bayi tabung, lebih mudah daripada bayi tabung bayi tabung chances-nya 50 persen, kalau inseminasi kalau gak salah 20 persen. Jadi proses sampai jadi embrio di luar, spermanya diambil untuk ke si ibunya waktu itu udah pernah nyoba, sekali gagal, udah itu doang,” cerita Zaskia.

Namun, sayangnya proses inseminasi tersebut gagal lantaran Zaskia kurang beristirahat atau ‘bed rest’.

“Gagalnya lebih ke gue sih, harusnya enggam boleh jalan-jalan, harus bedrest,
gue syuting waktu itu malah naik turun tangga tiga lantai,” aku Zaskia Sungkar.

Program Bayi Tabung

Dia juga bercerita soal alasan mengapa program bayi tabungnya baru dilakukan sekarang.
“Belum pernah bayi tabung, ya karena waktu itu kita masih enjoy, masih suka travelling bareng,” kata Zaskia Sungkar.

Di sisi lain, Irwansyah menjelaskan alasan dirinya dan Zaskia Sungkar memilih melakukan program bayi tabung di Belanda.

“Di Indonesia tingkat keberhasilannya juga tinggi, tapi ternyata di Eropa jauh lebih murah
bukan lebih murah sih, kenapa kita bilang lebih murah, misal 5.000 euro, Rp 100 juta kurang, gak nyampai, Rp 85 juta tapi bisa sampai 5 kali
tapi belum pasti 5 kali, yang pasti lebih dari 1 kali, misal kalau bayi tabung gagal sekali, bisa coba lagi (dalam tanda kutip ada garansi),” ucap Irwansyah dan Zaskia Sungkar

Operasi Endometriosis

“Dua tahun lalu gue ada operasi endometriosis,
perempuan sensitif kan di bagian rahim,
nah endometriosis ini darah yang gak bersih gue itu nyangkut istilahnya dan gue harus operasi kemarin, ke Malaysia sebulan
terus umroh terus ke Belanda terus ke Paris nemuin lo,” imbuh Zaskia Sungkar.

Singkat cerita, endometriosis yang pernah dialami Zaskia Sungkar kini sudah tidak aktif lagi menurut dokter, sehingga ia dan Irwansyah bisa melakukan program bayi tabung.
Alasan program tabung dilakukan di Belanda.

“Endo-nya sudah enggak aktif, jadi kalau mau bayi tabung bisa, terus kenapa di Belanda ya alasannya karena rumah mama gue di Belanda ada rumah jadi enggak perlu bayar hotel dll, setiap tiga bulan ke nyokap kalau emang nyokap gak bisa pulang. Nah terus nyokap gue maksa, cerita kalau teman mama bisa disitu
apalagi kalau di Belanda mama bisa nemenin, kalau di Jakarta gak bisa nemenin Terus akhirnya gue dan Irwansyah coba dan nanya-nanya dan ternyata dari segi biaya murah,” papar Zaskia Sungkar.

Meski belum memiliki momongan, Zaskia dan Irwansyah mengaku tidak pernah frustasi atau saling menyalahkan satu sama lain.

“Alhamdulillah sih gak pernah, jadi kita sendiri itu harus punya iman yang kuat. Jadi bisa terjaga dari hal-hal yang kurang baik. Kalau punya iman nanti gak akan nyalahin satu sama lain,
karena kita yakin banget kalau semua itu pemberian dari Allah, termasuk anak,
jadi kalau buat gue, dikasih atau enggak dikasih anak, Allah pasti punya alasannya
gue ada cerita teman kita coba bayi tabung 4 kali terus percobaan keempat berhasil, tapi saat sudah berhasil sudah mengandung sembilan bulan nih sang ibu, terus anaknya pas mau lahir meninggal,” ungkap Irwansyah

“Iya, jadi dari situ Allah kasih ujian begini-begini pasti ada alasannya,  satu kuncinya bersyukur, ujian ya diajalani semampunya.” tutup Zaskia Sungkar.

Saksikan videonya di sini:

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close