Olahraga

Perut Langsing Bukan Impian, Cukup Ikuti 6 Gerakan Ini

Melangsingkan perut bukan mustahil. Kamu hanya perlu memulainya.

WarnaHidup, Jakarta – Memiliki perut langsing merupakan dambaan banyak orang. Selain itu perut langsing juga dapat menurunkan beberapa risiko beberapa penyakit serius.

Seperti yang diungkapkan Harvard Health Publishing beberapa waktu lalu, kelebihan lemak perut berkaitan dengan beberapa penyakit. Di antaranya berkurangnya risiko serangan jantung, stroke, diabetes, depresi, tekanan darah tinggi, osteoartritis, depresi, dan kanker.

Namun begitu, jangan membuat hati kamu ciut. Ada cara mudah kok untuk mengecilkan perut. Ada beberapa jenis gerakan olahraga yang dapat membantu kamu merampingkan perut.

  1. Crunch

Bisa dibilang, crunch adalah salah satu latihan populer untuk menyingkirkan lemak perut. Sepintas, mungkin mirip dengan sit-up, ya?

Kamu dapat memulainya dengan berbaring di lantai dengan menekuk lutut dan menempatkan telapak kaki rata di bawah. Lalu, letakkan tangan di belakang kepala dan ibu jari di belakang telinga. Setelahnya, angkat tubuhmu ke atas hingga kepala, leher, dan bahu terangkat dari lantai. Tahan sebentar, lalu kembalilah ke posisi awal secara perlahan.

  1. Mountain climber

Ini jadi langkah kedua. Kamu hanya butuh matras untuk melakukan gerakan mountain climber.

Coba atur tubuh dalam posisi push-up terlebih dahulu, dan tempatkan pergelangan tangan tepat di bawah bahu. Lalu, dorong lutut kanan ke arah dada dan kembalikan ke posisi semula. Kemudian, gantian gerakkan lutut kiri ke arah dada dan kembalikan ke posisi awal. Lakukan berulang kali.

3.Burpee

Cobalah kamu latihan burpee di rumah. Ini bisa melatih otot inti, dada, bahu, trisep, dan paha depan, ujar Jillian Michaels, seorang pelatih kebugaran dan ahli nutrisi kepada Prevention. Selain itu, burpee juga bisa memompa jantung karena melibatkan gerakan plyometrik eksplosif.

Caranya berdirilah dengan kaki terbuka selebar bahu, lalu turunkan tubuh ke bawah dalam posisi squat. Lalu, ubah posisi tubuh ke posisi push-up, dan kembalilah ke posisi squat dengan cepat. Setelahnya, lompatlah dengan lengan di atas kepala. Lakukan beberapa kali.

  1. Sumo Squat

Sumo squat merupakan latihan efektif menghilangkan lemak perut, bahkan yang paling bandel sekalipun. Hmm, patut kamu coba bukan?

Mulailah dengan merentangkan kaki lebih lebar dari bahu dan posisikan kaki dengan sudut 45 derajat. Lalu, lakukan squat dengan sudut 90 derajat dan angkat tangan di bawah dagu, atau bisa juga dengan mengepalkan kedua tangan di dada. Kembalilah ke posisi awal dan lakukan gerakan ini berulang-ulang.

  1. Bicycle crunch

Gerakan ini merupakan salah satu gerakan paling efektif untuk mengenyahkan lemak perut sekaligus membentuk otot perut.

Untuk melakukannya, berbaringlah telentang dengan tangan di belakang kepala dan lutut ditekuk menuju dada. Sementara, posisikan kaki lainnya dengan lurus ke depan. Lakukan berulang-ulang seolah sedang mengayuh sepeda.

Kamu disarankan untuk menggerakkan setiap kaki minimal 15 kali dalam satu set. Artinya, satu set berisi 15 kali gerakan kaki kanan dan 15 kali gerakan kaki kiri.

  1. Forearm plank

Ada banyak variasi plank untuk menghilangkan lemak perut. Salah satu yang paling basic adalah forearm plank. Tujuannya adalah untuk menghilangkan lemak di perut sekaligus menguatkan bahu.

Ambil posisi seperti push-up dengan jari kaki menahan beban tubuh dan jaga siku di bawah bahu. Kemudian, angkat tubuh dengan posisi seperti push-up, sehingga berat badan ditanggung oleh lengan dan jari kaki. Untuk awal kamu bisa lakukan minimal 30 detik . Jika sudah kuat, tingkatkan waktunya.  Semakin lama kamu lakukan, hasilnya kian baik.

 

 

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close