Gaya Hidup

Ragam Tips Cerdas Irit Listrik Saat WFH

Sebetulnya banyak cara irit listrik saat WFH, agar tagihan tak membengkak

Catatan Satgas Penanganan Covid-19 per Jumat (8/1) terdapat 808.340 ribu orang terinfeksi. Pada Januari 11-25 Januari 2021 pemerintah akan mulai perketat PSBB di beberapa kota. Hal ini perlu dilakukan untuk memutus rantai penularan virus Corona yang terus meningkat.

Diberlakukannya PSBB ini akan membuat kamu otomatis banyak melakukan aktivitas di rumah. Tanpa disadari beragam kegiatan di rumah menyebabkan meningkatnya pemakaian listrik.

Karena itu agar tak boros, kamu perlu memperhatikan beberapa hal. Berikut ini seperti dikutip dari laman Kissimmee Utility Authority:

Mengatur  Jam Kerja

Meski kerja di rumah, bukan berarti tanpa ada batas waktu. Selain menjaga stamina tubuh agar tidak terlalu dipaksa terus bekerja, ternyata membatasi kerja berguna juga untuk mengurangi  pemakaian listrik.

Di sinilah kamu dapat mengatur jam kerja efektif di rumah. Ini agar kamu tidak terlalu lama memakai beragam elektronik.

Gunakan Cahaya Alami

Sebisa mungkin pakai cahaya alami di seluruh bagian rumah. Terutama jelang pagi dan siang hari. Manfaatkan lampu otomatis yang dapat mengatur sendiri hidup saat gelap dan mati saat terang.

Dengan melakukan hal ini, sudah dapat dipastikan tagihan listrik bulan ini sedikit banyak berkurang. Selain itu, sinar matahari yang menyinari bagian tumah dapat mempengaruhi mood kamu menjadi lebih happy.

Biarkan Sirkulasi Udara

Selain cahaya matahari, udara dapat kamu manfaatkan mengurangi biaya listrik. Sirkulasi yang baik tentu membuat kita tidak perlu menggunakan penyejuk udara.

Buka jendela besar-besar saat pagi dan siang hari. Bila masih memungkinkan gunakan kipas angin dibanding AC. Sebaliknya tutup tirai dan jendela saat udara di luar amat terik.

irit listrik di dapur

Bijak Gunakan Perangkat Dapur

Jangan membuka oven saat makanan sedang dimasak. Anda bisa kehilangan suhu hingga 50 derajat dan membuang energi. Masak beberapa makanan sekaligus.  Gunakan peralatan kecil seperti oven pemanggang roti, kompor bertekanan listrik, oven microwave, dibanding memakai kompor atau oven besar Anda.

Perhatikan Pemakaian Peralatan Elekronik

-Mencopot Setop Kontak

Tanpa sadar mencopot stop kontak sering diabaikan. Sering terjadi charger handphone, laptop dan peralatan elektrik lainnya didiamkan saja berlama-lama. Meski terlihat sepele tetapi bila banyaknya charger yang menempel di stop kontak dan tidak terpakai akan membuat tagihan membengkak.

-Manfaatkan Perangkat Hemat Energi

Saat ini banyak sekali produk elektronik yang mempunyai fitur hemat energi seperti pada lampu dan pendingin ruangan. Jangan lupa mengatur hemat energi pada peralatan elektronik kamu di rumah.

Selain digunakan untuk mengirit penggunaan listrik di rumah, perangkat tersebut juga dikenal lebih ramah lingkungan.

perangkat elektronik irit listrik

-Pakai Perangkat Kecil saat Streaming.

Saat streaming konten, pilih perangkat terkecil yang masuk akal untuk jumlah orang yang menonton. Hindari streaming di konsol game, yang menggunakan daya 10 kali lebih banyak daripada streaming melalui tablet atau laptop

-Matikan perangkat saat tak berada di ruangan

Selalu pastikan untuk mematikan lampu, kipas angin, dan alat elektronik saat Anda meninggalkan ruangan.

-Pemakaian kulkas

Bersihkan bagian atas lemari es dan gulungan Anda agar tetap berjalan efisien dan dingin. Selain itu tutup cairan dan bungkus makanan yang disimpan di lemari es. Makanan yang tidak tertutup melepaskan kelembapan dan membuat kompresor bekerja lebih keras

-Perhatikan Pemakaian AC

Ganti atau bersihkan filter AC setiap bulan. Filter yang kotor dapat meningkatkan biaya pengoperasian hingga 20 persen.

 

 

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button