Gaya HidupSosok Inspiratif

Renungan : Kita Tidak Sedang Berlomba Dengan Siapa-Siapa…

Manfaatkanlah lima Perkara sebelum datang lima Perkara

Alhamdulillah, hari ini kita sehat dan dapat beraktivitas dengan giat. Ketika sehat, biasanya jarang kita terpikir bahwa suatu saat bisa sakit. Bahkan, mungkin menurut kita apa gunanya memikirkan itu. Bukankah hidup itu di sini dan saat ini? Here and now,  kata Fritz Perls, “nabi”nya psikologi gestalt. “Carpe diem! Raih harimu!” pekik John Keating dalam Dead Poets Society.

Jika kita hanya menimbang menggunakan akal, memang tak tampak ada problem apapun dengan ungkapan-ungkapan itu. Tapi, jika kita mau berendah hati mendengar nasihat Rasul, maka kita akan melihat bahwa jalan pikiran itu berpotensi menggelincirkan kita pada penyesalan di kemudian hari. Apalagi, jika kita gagal menjawab hidup di sini dan saat ini itu untuk apa? Ke mana arahnya?

Rasul menasihati kita, “Manfaatkanlah lima perkara sebelum lima perkara: masa mudamu sebelum datang masa tuamu, waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, hidupmu sebelum datang matimu.” (HR. Al Hakim)

Memanfaatkan waktu itu untuk menggapai tujuan Allah hadirkan kita di dunia ini. Begitu pentingnya waktu, sampai-sampai Allah bersumpah, “Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya menaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.(QS. Al ‘Asr: 1-3)

Ketika waktu berlalu, ia takkan pernah kembali. Allah kabarkan tentang orang yang tak mau tahu dan tak percaya pada kabar dan janji Allah. Ia hidup sekehendak hatinya. Hingga ketika Allah buka tirai kegaiban (adzab) di hadapannya, ia pun menyesal dan merana, “Wahai Rabb kami, kami telah melihat dan mendengar, maka kembalikanlah kami ke dunia. Kami akan mengerjakan amal shaleh. Sesungguhnya kami adalah orang-orang yakin.” [QS. As-Sajdah:12]

Sayang, waktu untuknya telah habis. Semoga orang itu bukan kita….

Dikutip dari IG: abun_nada

 

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close