Gaya Hidup

Tidur Siang Baik untuk Kesehatan, Benarkah?

Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang juga baik untuk orang dewasa.

Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang juga baik untuk orang dewasa.

Sebab, tidur siang singkat dapat meningkatkan daya ingat, meningkatkan kinerja, memperbaiki suasana hati, membuat Anda lebih waspada, dan mengurangi stres. Raih manfaat tidur siang ini.

Menurut sebuah penelitian baru, tidur siang baik untuk kesehatan Anda. Para peneliti di Rumah Sakit Umum Asklepieion di Yunani mempelajari 212 orang.

Mereka menemukan bahwa orang yang tidur siang mengalami penurunan tekanan darah.

Secara keseluruhan, tidur siang hari bisa menurunkan tekanan darah rata-rata 5 mm Hg.

Lengkapnya, berikut deretan manfaat tidur siang bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Memori

Penelitian menunjukkan, tidur memainkan peran penting dalam menyimpan ingatan. Tidur siang dapat membantu Anda mengingat hal-hal yang dipelajari lebih awal di hari itu seperti tidur semalaman.

Tidur siang membuat Anda tidak melupakan hal-hal seperti keterampilan motorik, persepsi sensorik, dan pengingatan verbal juga.

Tidak hanya membantu Anda mengingat hal-hal yang baru saja dipelajari, sebuah penelitian menunjukkan para nappers merasa lebih mudah untuk mengumpulkan informasi yang mereka dapatkan pada hari sebelumnya berkat tidur siang

2. Meningkatkan kreativitas

Salah satu manfaat kesehatan dari tidur siang yang akan mengejutkan Anda adalah meningkatkan kreativitas.

Pernah bangun dengan ide bagus? Tidur REM, yang biasanya dimulai 70 hingga 90 menit setelah Anda tertidur, mengaktifkan bagian otak Anda yang terkait dengan pencitraan dan mimpi.

Rapid Eye Movement (REM) adalah salah satu fase tidur yang ditandai oleh tingginya aktivitas otak dan kecenderungan bermimpi.

Tidur siang dengan tidur REM dapat membantu Anda menggabungkan ide-ide dengan cara baru untuk menghasilkan jawaban.

3. Memperbaiki Mood Anda

Jika Anda merasa sedih, cobalah tidur siang untuk mengangkat semangat Anda. Tidur siang, atau bahkan hanya beristirahat selama satu jam tanpa tertidur, dapat mencerahkan pandangan Anda.

Para ahli mengatakan relaksasi yang berasal dari berbaring dan beristirahat bisa memperbaiki suasana hati, baik Anda tertidur atau tidak.

4. Perlu Lebih Waspada? Tidur sebentar

Jika Anda mulai merasa sedikit mengantuk setelah makan siang, Anda tidak sendirian. Perjuangan pasca-makan siang itu nyata.

Tidur siang selama 20 menit dapat membantu Anda mengatasi kelopak mata yang berat.

5. Tidur siang lebih baik daripada kafein

Jika Anda merasa lelah tetapi memiliki pekerjaan atau materi belajar untuk diselesaikan, Anda mungkin lebih baik tidur siang daripada menyeruput kopi.

Dibandingkan dengan kafein, tidur siang dapat membawa memori dan pembelajaran yang lebih baik.

6. Mengurangi Stres

Jika Anda berada di bawah banyak tekanan, tidur siang dapat melepaskan stres dan meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh Anda. Para ahli percaya bahwa tidur siang selama 30 menit dapat membantu.

7. Membantu Anda Tidur Lebih Baik di Malam Hari

Meskipun mungkin tampak tidak logis, tidur siang di siang hari dapat membantu orang dewasa tidur lebih nyenyak di malam hari.

Studi menunjukkan tidur siang selama 30 menit antara pukul 1 siang dan 3 sore dikombinasikan dengan olahraga sedang; seperti berjalan dan meregangkan di malam hari, membantu meningkatkan tidur malam hari.

Kesehatan mental dan fisik juga bisa menjadi lebih baik.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close