Sehat
Trending

Waktu Terbaik Berjemur Sinar Matahari Pagi dan Manfaatnya buat Lawan Corona!

Di tengah wabah virus corona, peneliti menyebutkan bahwa dengan berjemur sinar matahari pagi ternyata ampuh menghindarkan kita terkena virus ini.

Tak heran, sejak virus corona mewabah di Indonesia, banyak masyarakat yang gemar berjemur di bawah sinar matahari.

Aktivitas ini dipercaya membawa banyak manfaat bagi tubuh. Biasanya orang berjemur sinar matahari pagi pada pukul 07.00 WIB.

Ternyata, waktu tersebut bukanlah waktu yang efektif untuk mendapatkan manfaat dari berjemur sinar matahari pagi.

Lalu kapan? Ini dia ulasannya dikutip dari CNN:

1. Orang Dewasa

Untuk orang dewasa, sebaiknya berjemur sinar matahari di atas pukul 09.00 WIB. Batas maksimal pukul 11 dengan durasi paling lama berjemur 15 menit.

Jangan Berjemur di bawah pukul 09.00 WIB karena sinar matahari belum mengandung UV B yang dibutuhkan tubuh dewasa. Jangan berlebihan berjemur karena bisa menyebabkan kanker kulit.

Makin siang makin sebentar durasi berjemurnya. Berjemur wajah, tangan, punggung dan kaki.

Oh iya, jangan lupa pakai kacamata hitam anti UV untuk melindungi mata dan tabir surya.

2. Bayi

Sementara untuk bayi paling bagus berjemur pukul 7-8 pagi atau disesuaikan dengan waktu terbitnya matahari selama 10-15 menit.

Bayi yang berusia kurang dari 6 bulan, sebaiknya berjemur ketika matahari baru terbit.

Sebab paparan sinar matahari setelah pukul 9 dinilai cukup menyengat dan berpotensi menimbulkan iritasi pada kulit bayi

Hindari menjemur bayi dari balik kaca yang tertutup. Sebab, sinar ultra violet tidak mampu untuk menembus kaca jendela atau kaca mobil.


Manfaat Sinar Matahari

Dikutip dari akun Instagram Pusat Pengembangan Kedokteran Indonesia UI @fkui.ukk, berikut ini merupakan manfaat sinar matahari bagi tubuh.

1. Vitamin D

Sinar UV matahari membantu pembentukan nutrisi yang penting bagi tulang, sel, darah dan sistem imun pada tubuh.

Untuk mendapatkan vitamin D, kebanyakan orang akan memakan makanan yang mengandung vitamin D. Tetapi sinar matahari bisa membantu untuk mendapatkan vitamin D untuk pembentukan beberapa mineral seperti kalsium dan fospor.

2. Perlindungan Terhadap Kondisi Tertentu

Terlalu lama berada di luar ruangan dapat berpeluang terkena kanker kulit, tetapi untuk sebagian orang yang berada di tempat yang tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup dapat berisiko terkena berbagai penyakit.

Di antaranya seperti payudara, usus besar, prostat, dan paru-paru. Selain itu hal ini juga dapat menimbulkan beberapa kondisi serius lainnya.

Seperti tekanan darah tinggi, diabetes dan penyakit jantung. Hal ini dikarenakan rendahnya tingkat vitamin D yang didapatkan.

3. Kualitas Tidur yang Baik

Sinar matahari pagi khususnya dapat membantu orang tidur di malam hari. Hal ini sangat penting terutama bagi Anda yang berusia lanjut karena mata kurang bisa menerima cahaya dan akan cenderung memiliki masalah tidur.

4. Penurunan Berat Badan

Sinar matahari pagi, dapat membantu menjaga lemak dalam tubuh. Semakin banyak sinar matahari yang didapatkan dan olahraga, semakin baik untuk berat badan Anda.

5. Pengendalian Emosional yang Baik

Sinar matahari meningkatkan zat kimia yang berada di otak yang disebut serotonin yang dapat memberi lebih banyak energi dan membantu tetap tenang, positif dan fokus.

6. Sinar Matahari untuk Pengobatan

Untuk beberapa kondisi tertentu, sinar matahari dapat digunakan untuk pengobatan penyakit kuning yang sebagian besar dialami oleh bayi yang baru lahir.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close