Gaya Hidup

Waspada! Ini 5 Bahaya Terlalu Lama di Ruangan ber-AC

Pendingin ruangan (air conditioner/AC) kerap kali menjadi penyelamat untuk berlindung dari cuaca atau suhu yang panas.

Namun, terlepas dari kenyataan bahwa pendingin udara bisa dapat memberikan bantuan sementara dari cuaca panas, ternyata AC juga berpotensi menjadi sumber masalah kesehatan bagi orang-orang dari segala usia.

Jarang orang yang tahu bahwa ada bahaya mengancam dengan berlama-lama di ruang ber-AC, karena AC sebenarnya dapat memicu berbagai penyakit.

Berikut adalah lima bahaya yang mungkin disebabkan oleh AC bagi kesehatan Anda.

1. Kulit kering

Berjam-jam dihabiskan di ruangan ber-AC menyebabkan kulit Anda kehilangan kelembaba. Jika Anda tidak mengoleskan pelembab secara teratur, kulit akan kering.

2. Sakit kepala

Ini adalah salah satu efek samping paling umum dari tinggal di kamar ber-AC untuk waktu yang lama. Ada kemungkinan Anda mengalami dehidrasi yang juga bisa memicu sakit kepala. Faktanya, dehidrasi merupakan pemicu migrain yang sering diabaikan.

3. Ketidakmampuan menghadapi panas

Karena AC mengacaukan suhu alami tubuh kita, mereka yang menghabiskan banyak waktu di lingkungan ber-AC menjadi semakin tidak toleran terhadap musim panas yang panas.

Tekanan pada tubuh Anda dari bergerak dari lingkungan yang dingin ke udara luar yang membara adalah penyebab utama intoleransi ini. Hal ini menyebabkan peningkatan kematian terkait panas selama gelombang panas.

4. Memburuk alergi dan asma

Anda mungkin berpikir bahwa suhu dingin akan lebih baik untuk kondisi kulit namun alergi dan bahkan asma bahkan dapat memburuk jika terkena AC yang tidak dibersihkan dengan benar atau tidak dirawat dengan baik.

Anda berisiko mengekspos diri ke sejumlah pemicu dan mikroba. Lebih bermanfaat untuk tetap berada di dalam rumah bagi orang yang alergi terhadap serbuk sari dan atau polutan udara lainnya tetapi AC yang tidak bersih mungkin lebih berbahaya daripada manfaatnya.

5. Dehidrasi

Potensi untuk mengalami dehidrasi lebih tinggi di kamar-kamar yang menggunakan AC selama berjam-jam.

Kondisi udara menarik terlalu banyak kelembaban dari ruangan dan ketika Anda mengabaikan asupan air Anda, Anda mengatur diri Anda untuk mengalami dehidrasi.

Ini dimungkinkan karena suhu rendah dan tubuh Anda tidak merasa perlu minum karena Anda merasa terlalu dingin. Juga, mari kita akui ketika suhu dingin kita cenderung bergerak kurang juga.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close