Film

Youn Yuh-Jung, Aktris Korea Selatan Pertama Raih Oscar

Tak pernah dia impikan meraih Oscar di usia 73 tahun.

Warnahidup, Jakarta – Tak pernah terbayangkan sedikit pun bagi Youn Yuh-Jung, aktris Korea Selatan di usia 73 dia berhasil meraih Oscar sebagai aktris wanita pendukung terbaik. Dia mendapatkannya lewat film Minari.

Inilah perjalanan panjang setelah lebih dari 30 tahun bagi orang Asia berhasil membawa pulang Oscar. Tahun 1985 peraih Oscar dari Asia diberikan kepada aktor Haing Ngor di kategori pendukung terbaik dalam film The Killing Fields. Jauh sebelumnya, pada 1958, aktris asal Jepang, Miyoshi Umeki meraih kategori aktris pendukung terbaik lewat film Sayonara.

Kemenangan manis bagi Yuh-Jung sendiri merupakan yang pertama bagi aktris Korsel. Tahun ini mencatat penghargaan bergengsi telah dia raih. Ia menjadi orang Asia pertama yang menang kategori individual di ajang Screen Actors Guild Awards dan juga menjadi aktor Korsel pertama yang menang di BAFTA.

Yuh-Jung Youn Raih Oscar

Ketika dia menerima Oscar di Union Station, Los Angeles, Senin (26/5) atau pagi wib, Yuh-Jung tak mampu menyembunyikan kegembiraannya sekaligus membuat membuat penonton tergelak. “Mister Brad Pitt, akhirnya, senang bertemu dengan mu!” kata Yuh-Jung penuh semangat.

Dia pun mengatakan betapa selama ini banyak orang di seluruh dunia salah mengucapkan namanya. “Namun di malam ini saya memaafkan kalian semua,” candanya.

Dalam pidatonya, Youn mendedikasikan penghargaannya kepada sutradara Kim Ki-young, yang memberinya awal di layar lebar, melalui Woman of Fire tahun 1971, di mana ia mendapatkan penghargaan pertamanya – aktris terbaik di Sitges International Fantastic Film Festival di Catalonia , Spanyol.

Pada New York Times, yang dilansir Rabu (21/4), Yuh-Jung mengatakan tidak pernah bermimpi tentang Oscar. “Saya, berusia 73 tahun tidak pernah bermimpi dinominasikan di Oscar. Melalui film Minari memberi saya banyak anugerah,” ungkap Yuh-Jung.

Sementara kepada Npr.org, ia mengaku meraih Oscar ini seperti bertarung di Olimpiade. “Saya seperti atlet Olimpiade yang harus bertanding dan menang untuk negara saya,” ungkapnya,

Di ajang Piala Oscar tahun ini Youn Yuh-Jung berhasil mengalahkan Maria Bakalova (Borat Subsequent Movie film), Glenn Close (Hillbilly Elegy), Olivia Colman (The Father), Amanda Seyfried (Mank).

Academy Awards ke-93  tahun ini dilakukan di dua tempat di Los Angeles, Dolby Theater dan stasiun kereta Union Station. Selain itu juga terdapat 20 tempat penyelenggaraan di luar Amerika Serikat yang akan terhubung dengan jaringan satelit.

Membuat ‘Heboh di Korsel

Sebagai aktor Korea pertama yang bahkan dinominasikan untuk penghargaan akting di Oscar, kemenangan Youn menarik perhatian media besar-besaran di Korea Selatan. Dia mendominasi berita utama di sana.

Keributan media seputar kampanye penghargaannya beberapa bulan terakhir ini mirip thaun lalu ketika sutradara Bong Joon-ho dan filmnya Parasite, yang menang di Academy Awards tahun lalu dengan empat penghargaan bersejarah, termasuk film terbaik dan sutradara terbaik.

Bintang parasit Choi Woo-shik, yang muncul bersamanya di program reality TV Youn’s Stay, juga mengucapkan selamat. Dia menyebutkan bahwa “saat kami menonton siaran itu adalah hal yang paling diinginkan semua orang dan saya menangis saat menonton”.

Jung Yu-mi, yang muncul bersamanya di reality show Youn’s Kitchen, juga memberi selamat atas kemenangannya, dan menambahkan “karena Anda adalah aktor Korea pertama yang menang, saya bahkan lebih senang dan bangga”.

Banyak ucapan selamat lainnya telah muncul di Instagram, dari aktor Korea seperti Bae Doo-na (Sense8), Kim Hye-soo (Home Sweet Home), Han Ji-min (Salut d’Amour) dan Kim Go-eun (Canola).

 

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close