Gaya Hidup

Yuk Dukung #BijakBerplastik Ajakan Danone-AQUA Kelola Sampah

Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021, ajak kita lebih peduli dan memilah sampah

WarnaHidup, Jakarta- Setiap 2 Maret merupakan Hari Raya Sampah Nasional  (HPSN) 2021. HSPN menjadi momen agar kita semua peduli dan melindungi lingkungan. Caranya kita bisa ikut gerakan #BijakBerplastik.

Salah satu kegiatan memperingati HPSN 2021, Danone-AQUA dan KLKH menggelar kunjungan virtual untuk melihat proses pengelolaan sampah plastik.  Inisiasif Danone-AQUA lewat program #BijakBerplastik

Lewat acara ini, Danone-AQUA melakukan penandatanganan kerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta terkait pengembangan Bank Sampah Induk.

Danone Aqua

Data Sustainable Waste Indonesia (SWI), Bank Sampah telah berkontribusi  mengumpulkan 2,7% dari 0,421 juta sampah plastik paska konsumsi. Di sinilah terlihat pentingnya peran Bank Sampah tingkatkan  pertumbuhan ekonomi sirkular. Lewat aktivitas Bank Sampah ini mampu menyediakan sampah plastik terpilah berkualitas baik dan bersih. Aktivitas ini tentunya dapat mengedukasi masyarakat memilah sampah.

Karena itu, kerja sama antara Danone-AQUA dan KLKH menjadi penting. Ke depannya kerjasama ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya mengembangkan infrastruktur pengelolaan sampah dan mencapai visi bersama pengelolaan sampah berkelanjutan.

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Rosa Vivien Ratnawati dalam sambutannya menjelaskan bahwa HPSN 2021 bertema  “Sampah Sebagai Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi”, menjadi hal penting untuk menggerakkan kolaborasi Ekonomi Sirkular menuju Indonesia Bersih 2025.

Danone Aqua 4

“Pemerintah punya target strategis mengurangi sampah 30% dan menangani sampah 70% pada 2025.  Tentu saja pemerintah tidak bisa jalan sendiri. Perlu keterlibatan Pemerintah Daerah, dunia usaha, LSM, komunitas, organisasi keagamaan, pelajar dan mahasiswa, organisasi perempuan, serta masyarakat luas. Seperti yang silakukan Danone-AQUA ini. Adanya sinergitas kelola sampah komprehensif, terintegrasi dari hulu ke hilir ini, saya yakin target tercapai,” lanjutnya.

Sementara itu, Direktur Sustainable Development Danone Indonesia, Karyanto Wibowo menjelaskan, “Danone-AQUA merupakan perusahaan pertama di Indonesia yang bekerjasama dengan Bank Sampah Induk. Kami bekerjasama untuk mengambil sampah kemasan plastik pasca konsumsi. Momentum penandatanganan ini semakin menguatkan kemitraan yang telah terbangun sejak tahun 2017.  Kemitraan ini menjadi sangat penting karena kami dapat memastikan pasokan bahan baku RPET premium secara berkelanjutan untuk mendukung ambisi pilar pengumpulan dan pilar inovasi #BijakBerplastik.”

Danone Aqua 3

Ke depannya, Danone-AQUA tetap akan  terus mendukung kapasitas dan profitabilitas Bank Sampah Induk di Jakarta Barat, Selatan, Timur, Pusat, Utara, serta Kepulauan Seribu. Kontribusi Bank Sampah dalam memasok botol PET kualitas premium ke RBU tercatat mencapai 218 ton dari total 1.381 ton sampah botol.

Danone-AQUA telah menjadi pionir dalam program daur ulang dan pengumpulan kemasan plastik bekas melalui Program AQUA PEDULI (Pengelolaan Daur Ulang Limbah) sejak tahun 1993. Selain itu, Danone-AQUA juga memelopori inovasi kemasan ramah lingkungan dengan memperkenalkan produk kemasan galon sejak 1983 dan memastikan 70% bisnisnya telah sepenuhnya sirkular.

Gerakan #BijakBerplastik juga merupakan wujud komitmen yang berkelanjutan dalam hal partisipasi Danone-AQUA,  dalam mengelola sampah plastik sekaligus menciptakan model Ekonomi Sirkular yang memberikan nilai tambah ekonomi bagi komunitas yang terlibat.

Pengelolaan Sampah Kemasan

Dalam acara virtual tour kali ini, peserta diajak lebih paham pengelolaan sampah kemasan paska konsumsi. Dimulai dari pengumpulan dan pemilahan di skala rumah tangga atau masyarakat, kemudian proses di Bank Sampah Unit dan Bank Sampah Induk, yang selanjutnya diproses di Recyling Business Unit (RBU) suatu Unit Daur Ulang yang dikelola oleh Koperasi Pemulung Berdaya di Tangerang Selatan.

Botol-botol plastik bekas terkumpul di RBU selanjutnya akan dipilah, dicuci dan dicacah menjadi cacahan plastik PET. Lalu akan dibawa ke perusahaan daur ulang botol  untuk  menjadi bahan baku botol baru. Namun selain itu sebagian juga dibawa ke perusahaan tekstil untuk menjadi bahan baku industri fashion.

Danone-AQUA juga mendukung RBU di Tangerang Selatan sebagai  sumber botol plastik bekas dari wilayah DKI Jakarta, salah satunya dengan bersinergi dengan Bank Sampah Induk yang dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta.

“Kami berharap dengan dilaksanakannya acara Virtual Tour Ekonomi Sirkular kemasan plastik pada hari ini dapat menjadi “best practice”. Dari mulai pelaku usaha mengumpulkan  sampah, lalu ada kolaborasi dengan berbagai pihak yang terkait. Peran aktif masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya dibutuhkan untuk wujudkan Indonesia  lebih bersih dan sistem pengelolaan sampah yang berkelanjutan”, tutup Karyanto Wibowo.

Nah, mulai sekarang kamu bisa ikut #BijakBerplastik ya!

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button